nusabali

Ronaldo-MU Pisah di Januari 2023

  • www.nusabali.com-ronaldo-mu-pisah-di-januari-2023

MANCHESTER, NusaBali
Cristiano Ronaldo dibolehkan pergi dari Manchesetr United pada Januari 2023 atau saat bursa transfer musim dingin dibuka.

The Telegraph melaporkan bahwa pelatih Erik Ten Hag sudah legawa melepas Ronaldo yang di awal musim ini sudah dikabarkan ingin hengkang. Terakhir keputusan Ten Hag tidak memainkan Ronaldo saat MU dibatai Manchester City 6-3, Minggu (2/10), mengundang kontroversi. Ten Hag berdalih bahwa keputusannya tidak memainkan Ronaldo murni karena ingin menghormati sang pemain. Meski banyak yang menilai sebaliknya, bahwa keputusan Ronaldo tidak dimainkan adalah bentuk tidak menghormati sang pemain.

Namun di sisi lain, di dalam laporan yang sama yakin bahwa keputusan Ten Hag menyimpan Ronaldo karena sang pemain tidak cukup bagus untuk masuk ke dalam skuat utama. Maka ia dibolehkan untuk pergi.

Namun MU hanya akan melepas mega bintangnya itu dengan harga yang tepat. Belum jelas berapa biaya yang diperlukan untuk memboyong Ronaldo keluar. Harga pasar Ronaldo diakui sudah sangat jatuh sejak terakhir diboyong Juventus dari Real Madrid pada 2018 lalu. Harganya masih 118 juta Euro. Namun saat pindah dari Juventus pada 2021 lalu, MU hanya merogoh kocek sebesar 15 juta Euro.

Ronaldo sendiri dikabarkan masih ingin keluar dari Old Trafford karena ingin mencari klub yang bermain di Liga Champions. Keinginannya ini mengemuka semenjak musim panas 2022 lalu. Namun saat itu seluruh petinggi, termasuk Ten Hag tidak merestuinya keluar. Di saat yang bersamaan Ronaldo dan agennya tetap berkeliling untuk mencari klub peminat.

Hanya saja, sampai bursa transfer musim panas ditutup, Ronaldo tidak mendapatkan peminat. Banyak tim yang keberatan mendatangkan Ronaldo karena gajinya terlampau tinggi untuk pemain yang tiga tahun lagi berusia 40. Kendati begitu, hubungan antara Ten Hag dan Ronaldo dipercaya masih mesra. Ronaldo yang ingin keluar berhasil ditenangkan dengan baik oleh Ten Hag.

Sembari menunggu bulan Januari tiba, Ronaldo masih ingin mendapatkan menit bermain yang cukup di dalam tim. Ten Hag pun masih ingin melihat Ronaldo memenuhi standar untuk dimasukkan di tim utama. Keduanya sama-sama sadar bahwa menit bermain akan sangat penting bagi Ronaldo. Ia tidak ingin tidak dipanggil timnas Portugal ke Piala Dunia 2022 gara-gara jarang bermain atau tidak fit di Qatar.

Chelsea menjadi klub pertama yang paling mungkin untuk menjadi pelabuhan karier Ronaldo selanjutnya..Hal itu tentu tidak lepas dari pemeran pemilik Chelsea, Todd Boehly, yang merupakan penggemar berat Ronaldo.  Pada bursa transfer musim panas 2022 lalu, Boehly sebenarnya sempat membujuk Thomas Tuchel, yang saat itu menjadi manajer Chelsea, untuk merekrut Ronaldo.

Akan tetapi, Tuchel menolak untuk mendatangkan Ronaldo karena dianggap bisa merusak suasana ruang ganti. Dengan jabatan manajer yang saat ini dipegang oleh Graham Potter, bukan tidak mungkin Tuchel akan membuka kembali kemungkinan untuk merekrut Ronaldo.

Selain Chelsea, isu soal kedatangan Ronaldo ke Atletico Madrid sempat mengemuka jelang bursa transfer musim panas 2022 ditutup. Namun, dengan target Ronaldo untuk mendapatkan menit bermain dan kesempatan berlaga di Liga Champions, bukan tidak mungkin Atletico Madrid bisa menawarkan gaji yang lebih rendah dari sebelumnya.

Selain Atletico Madrid, Napoli juga sempat menjadi klub yang disebut-sebut calon tujuan Ronaldo selanjutnya pada penutupan bursa transfer musim panas 2022.  Napoli bahkan dikabarkan sudah mencapai kesepakatan secara personal dengan agen Ronaldo, Jorge Mendes. Namun, kesepakatan tersebut akhirnya batal karena MU sekali lagi tidak mau melepas Ronaldo begitu saja. *

Komentar