nusabali

Soal Anies Capres NasDem di Pilpres 2024

Puan : Hak Parpol Pilih Capres

  • www.nusabali.com-soal-anies-capres-nasdem-di-pilpres-2024

JAKARTA, NusaBali
Partai NasDem telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung dalam Pemilu 2024 mendatang pada Senin (3/10/2022).

Padahal, NasDem parpol pertama yang dikunjungi oleh Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga merupakan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam safari politiknya. Puan pun menyatakan, hak dari masing-masing partai untuk memilih capresnya.

"Setiap parpol punya mekanisme sendiri-sendiri untuk bisa menetapkan, memilih, mencalonkan presiden yang nanti akan masuk dalam konteslasi 2024," ujar Puan saat konferensi pers usai penutupan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Selasa (4/10).

Oleh karena itu, dia tidak mau mencampuri mekanisme parpol lain. Terlebih saat ini, kondisi Indonesia sedang berduka dengan adanya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Untuk itu, belum tepat membicarakan masalah capres/cawapres.

"Saat ini, kita semua dalam situasi berduka karena banyak sekali korban yang jatuh di Stadion Kanjuruhan. Lebih baik, kita fokus dulu menyelesaikan masalah itu," papar cucu dari Presiden Pertama RI Soekarno ini.

Sementara Ketua DPP Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, mengenai capres merupakan hak dari parpol. Apalagi, di alam demokrasi terbuka seperti sekarang, sah-sah saja parpol mencalonkan presiden yang diinginkan.

Untuk itu, dia tidak masalah dengan pendeklarasian tersebut. Justru, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI ini mengucapkan selamat atas pendeklarasian tersebut. Gerindra pun, siap mengikuti Pemilu 2024 mendatang.

"Kami ucapkan selamat kepada NasDem sudah punya capres. Mari, kemudian kita berkompetisi secara sehat," ucap Dasco singkat. *k22

Komentar