nusabali

Undiksha Terima 322 Orang Pertukaran Mahasiswa Merdeka

  • www.nusabali.com-undiksha-terima-322-orang-pertukaran-mahasiswa-merdeka

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menerima 322 mahasiswa dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Melalui momen ini, mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah dan beragam suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) diajak untuk selalu merajut kebhinekaan.

Ratusan mahasiwa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia itu diterima di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Senin (3/10). Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha Dr Gede Rasben Dantes mengatakan, PMM merupakan kebijakan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Para mahasiswa ini nantinya akan diberikan kuliah selama satu semester, sesuai dengan kompetensi di kampus asalnya. Mereka akan diberikan pembelajaran akademik oleh dosen pengampu mata kuliah modul nusantara.

Rasben Dantes menyebutkan, selain mendapat pengalaman akademik dari dosen, para mahasiswa ini juga diharapkan bisa lebih mengetahui tentang keberagaman di Indonesia, yang terdiri dari beragam suku, agama, ras, dan antargolongan. "Jadi kami berharap melalui mahasiswa PMM ini bisa merajut kebhinekaan, bisa saling berkolaborasi, kemudian saling berinteraksi dengan masyarakat yang ada di Undiksha," ujarnya, Selasa (4/10).

Program PMM ini adalah yang kali kedua dilaksanakan oleh Undiksha. Mahasiswa, melalui program ini, tidak hanya dapat mempelajari tentang keunikan daerah, tetapi juga membangun interaksi sosial dan toleransi. Selain menerima, Undiksha juga melepas 29 mahasiswa yang akan ikut dalam PPM ini. Selain mempelajari keunikan di daerah lain, mahasiswa PMM ini juga membangun interaksi sosial.*mz

Komentar