nusabali

Politeknik Negeri Bali Gelar Bali Job Fair 2022,Tersedia Ribuan Lowongan

  • www.nusabali.com-politeknik-negeri-bali-gelar-bali-job-fair-2022tersedia-ribuan-lowongan

MANGUPURA, NusaBali.com - Politeknik Negeri Bali (PNB) menggelar Bali Job Fair 2022 di Gedung Widya Padma PNB pada 4-5 Oktober 2022. Kegiatan Bali Job Fair ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh PNB dalam rangka membuka peluang kerja terkhusus bagi fresh graduate (lulusan baru) dan alumni PNB yang sedang mencari pekerjaan.

Terdapat 18 perusahaan partisipan yang bergabung dalam kegiatan Bali Job Fair 2022, baik perusahaan dari daerah Bali sampai luar daerah. 

Perusahaan partisipan tersebut di antaranya Yayasan Konservasi Alam Nusantara, ZettaByte Pte Ltd, PT BFI Finance Indonesia Tbk, PT Jinom Network Indonesia, SUNSRI House of Jewelry, dan PT Swapro Internasional.

Lalu PT Berca Hardayaperkasa (Hinet), PT Federal International Finance, PT World Innovative Telecommunication, PT Bima Sakti Alterra, PT Ruang Raya Indonesia (RUANGGURU), PT Sinergi Inti Pelangi, Sanctoo Suites & Villas dan CTI Group Worldwide Service INC.

“Bali Job Fair 2022 ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada alumni PNB untuk mendapatkan kesempatan kerja dari Mitra PNB,” papar I Nyoman Abdi, Direktur Politeknik Negeri Bali, Selasa (4/10/2022) siang.

Lebih lanjut, I Nyoman Abdi menjelaskan Bali Job Fair 2022 adalah salah satu upaya dari sekian banyak inisiatif agar setelah tamat di PNB, para semua wisudawan dapat bekerja atau membuka usaha baru sesuai bidang keahlian masing-masing.

Inisiatif lain yang dilakukan Politeknik Negeri Bali, kata I Nyoman Abdi adalah membuka beberapa kelas kerjasama dengan Mitra PNB seperti halnya Perusahaan Listrik Negara (PLN), Hotel The Apurva Kempinski Bali, The St Regis Bali Resort, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, termasuk kelas kerjasama atas hibah dari Pemerintah Swiss dan Belanda dalam Bidang Energi Baru Terbarukan.

“Saat ini belum dilakukan tracing lulusan PNB  yang diwisuda Tahun 2022. Namun mahasiswa Politeknik Negeri Bali tahun 2021, kurang lebih 45 persen sudah bekerja sebelum wisuda,” lanjutnya. 

Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi pun berharap dengan adanya kegiatan Bali Job Fair 2022, alumni PNB dapat bekerja pada Mitra PNB baik di nasional maupun internasional dan bisa berwirausaha sesuai bidang keahliannya.

Dikonfirmasi secara terpisah, PIC Bali Job Fair 2022, Ketut Bangsa menuturkan jika pada hari pertama Selasa, 4 Oktober 2022 animo para peserta masih di angka ratusan. Namun angka ini diprediksi akan meningkat di hari kedua.

“Jumlah hari pertama ratusan yang datang tetapi diharapkan hari kedua bisa lebih banyak lagi. Karena kami berharap semua calon wisudawan PNB bisa terserap di dunia kerja dan ataupun diterima di perusahaan tempat mereka PKL,” ujar Ketut Bangsa saat ditemui.

Upaya-upaya untuk memberikan informasi kegiatan ini terus dilakukan oleh pihak panitia. Kata Ketut Bangsa ia telah memberikan informasi kepada seluruh Ketua Jurusan di Politeknik Negeri Bali untuk membantu memberikan informasi ini kepada para alumni dan juga mahasiswa calon wisudawan.

Ganeral Manager PT Jinom Network Indonesia, Yuni Arianti, menuturkan keterlibatan perusahaannya dalam Bali Job Fair 2022 untuk mendapatkan kandidat baru yang bisa bergabung dalam perusahaannya. 

“Apa lagi ini tergabung juga dari 10 Universitas di Bali, kami berharap ini bisa membantu para fresh graduate mendapat pekerjaan,” ujar Yuni Arianti.

Soal lowongan pekerjaan, pihaknya membuka lima posisi di bagian Finance & Accounting, Web Developer, Technical Support, Network Engineer dan Sales Relation Officer. Masing-masing mereka akan memilih minimal dua kandidat terbaik untuk bergabung dalam perusahaannya. 

“Harapannya sih kita bisa menemukan kandidat yang bagus. Jadi dari fresh graduate ini yang masih baru tamat kan punya semangat yang baru, jadi saya berharap mereka memiliki talenta yang bagus juga,” lanjutnya.

Salah satu pengunjung, Adela Deva Savira mengaku datang ke acara Bali Job Fair 2022 kali ini hanya sekadar melihat lowongan saja. “Saya mau lihat-lihat dulu perusahaannya apa saja dan lowongan yang dibutuhkan apa saja,” ujarnya sembari melihat both perusahaan. 

Sebagai informasi, setiap pengunjung yang tidak berkesempatan hadir dalam kegiatan Bali Job Fair 2022 secara offline bisa mencari informasi melalui online di laman balijobfair.id. *ris

Komentar