nusabali

Rebut 6 Emas, Badung Juara Umum

Sirkuit Panjat Tebing Seri I di Gianyar

  • www.nusabali.com-rebut-6-emas-badung-juara-umum

GIANYAR, NusaBali
Pengkab Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Badung menjadi juara umum Sirkuit Seri I Panjat Tebing Kelompok Umur, di GOR Kebo Iwa Gianyar, yang berakhir Minggu (2/10) malam.

Badung juara umum dengan meraih 11 emas, 6 perak, dan 6 perunggu, dari total 30 medali emas.  Demikian disampaikan Ketua Umum Pengprov FPTI Bali, Putu Yudi Atmika, Senin (3/10).  Selanjutnya, posisi kedua ditempati Jembrana dengan 6 emas, 12 perak, dan 3 perunggu. Lalu Denpasar dengan raihan 6 emas, 2 perak, dan 4 perunggu di urutan ketiga.

Sedangkan tuan rumah Gianyawa di urutan keempat dengan 4 emas, 3 perak, dan 5 perunggu. Selanjutnya Buleleng 2 emas, 5 perak, dan 11 perunggu, Karangasem 1 emas dan 1 perunggu. Klungkung jadi juru kunci karena hanya meraih 2 medali perak.

Yudi Atmika mengatakan, kejuaraan itu bagus sebagai ajang mengukur kemampuan para atlet, sekaligus evaluasi latihan selama ini. Apalagi kejuaraan cuma tiga hari dan dimulai pada Jumat (30/9)  hinggi Minggu (2/10).

Kejuaraan dikhususkan bagi peserta Kelompok Umur (KU) dengan menggelar enam kelompok umur, yakni nomor spide kids C (KU 7-9), Youth D (10-11), Youth C (12-13), Youth B (14-15), Youth A (16-17), dan nomor Junior (18-19). Kejuaraan diikuti ratusan peserta dari Pengkab/Pengkot FPTI di Bali

"Badung memimpin sejak hari pertama, dan mereka memang terlihat paling siap. Jumlah atlet yang diterjunkan juga cukup banyak, dan timnya sangat matang," tegas Yudi Atmika.

Perjuangan Badung tidak hanya di sirkuit, kata Yudi Atmika, pada Porprov nanti Badung terlihat cukup bagus menyiapkan atletnya. Meski begitu dia mengamati justru tidak semua daerah menurunkan atlet terbaiknya karena mungkin mengantisipasi agar tidak terbaca pada pesta olahraga multi event dua tahunan antar Kabupaten/Kota.

Sementara itu Ketua Panitia yang juga yang juga Wakil Ketua II Pengkab FPTI Gianyar I Nyoman Adnyana menegaskan tuan rumah Gianyar mampu bercokol di peringkat empat besar pada sirkuit yang digelar secara gotong royong itu.

Sedangkan Nyoman Adnyana mengatakan, cukup lama tidak ada kompetisi karena situasi Pandemi Covid -19, sehingga pesertanya sangat antusias, hingga pertandingan dituntaskan sampai malam hari.

Menurutnya, sirkuit ini digeber sebagai persiapan untuk Kejurnas Kelompok Umur di Situbondo Jawa Timur akhir tahun ini.

Sementara itu kategori yang dipertandingkan pada seri pertama ini lead (rintisan), speed (kecepatan), dan bouldering. Khusus juara 1 setiap seri akan mendapatkan kaos juara berupa kaos warna kuning yang wajib dikenakan di seri berikutnya. Karena pada setiap seri akan diberikan poin dan peringkat sementara. *dek

Komentar