nusabali

Tanpa Gemuruh Penonton, Indonesia Gilas Guam 14-0

  • www.nusabali.com-tanpa-gemuruh-penonton-indonesia-gilas-guam-14-0

JAKARTA, NusaBali
Tanpa sorak-sorai penonton, Timnas Indonesia U-17 pesta gol melawan Guam pada laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17.

Ya, Garuda Asia menggilas habis Guam 14-0, di Stadion Pakansari, Senin (3/10) malam. Sedangkan pada laga sebelumnya di tempat yang sama, Uni Emirat Arab (UEA) mengalahkan Palestina 4-3.

Dengan hasil tersebut, Indonesia di posisi kedua Grup B dengan nilai 3 dari sekali bertanding. Sedangkan UEA memimpin klasemen sementara dengan nilai 6 dari 2 kali menang Malaysia di urutan ketiga, dengan 3 poin, setelah menang 4-0 atas Palestina pada laga perdana.

Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI Budiman Dalimunthe mengatakan, kebijakan tanpa penonton di stadion itu diambil untuk menghormati pihak-pihak yang berduka akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10).

Pada laga lawan Guam, tim Garuda Asia langsung mendapat peluang emas saat laga masih berjalan hitungan detik, namun usaha Arkhan Kaka masih belum bisa menembus gawang.

Indonesia baru memimpin 1-0 di menit kedelapan. Arkhan Kaka menceploskan gol setelah kiper Guam bertabrakan dengan rekan sendiri. Dua menit kemudian, Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Arkhan Kaka kembali mencetak gol dari tepi kotak penalti.

Guam dipaksa untuk bertahan lebih dalam Indonesia. Serangan bertubi-tubi diciptakan anak asuh Bima Sakti, tapi sampai laga berjalan 20 menit belum ada lagi gol tambahan.

Indonesia mendapatkan hadiah penalti di menit ke-25. Arkhan Kaka sukses memperbesar skor 3-0. Giliran Narendra Tegar mencetak gol di menit ke-26 dan mengubah skor 4-0.

Gawang Guam benar-benar mudah dirobek. Jacob Toves kebobolan kelima kalinya pada menit ke-31, lewat sundulan Riski Afrisal. Arkhan Kaka mencetak gol keempat di menit ke-34 untuk membawa Indonesia memimpin 6-0.  Sulthan Zaky menambah Indonesia memimpin 7-0 sampai turun minum.

Indonesia mendapatkan gol lagi di awal babak kedua menit ke-46. Gol bunuh diri Donovan Moss membuat Indonesia unggul 8-0. Lalu enam gol Indonesia lainnya, masing-masing dibuat Jehan Pahlevi, Gaoshirowi, Hanil Abdillah Yafi, Figo Dennis, penalti Nabil Asyura, dan Ji Da Bin. Gol Ji Da Bin membuat Indonesia menang 14-0.

Pada laga tersebut tidak ada penonton, setelh PSSI memutusan semua laga Grup B kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, tanpa penonton di stadion, sejak Senin (3/10). *ant

Komentar