nusabali

Mayat Mr X Akhirnya Dikubur

  • www.nusabali.com-mayat-mr-x-akhirnya-dikubur

NEGARA, NusaBali
Mayat Mr X yang ditemukan mengambang di perairan Pantai Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Rabu (7/9) lalu, akhirnya dikubur di Pemakaman Umum As-Salam, Lingkungan/Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Senin (3/10).

Penguburan dilakukan setelah hampir sebulan berlalu, belum ditemukan titik terang mengenai identitas maupun masyarakat yang mengaku sebagai keluarga Mr X ini.  Penguburan mayat Mr X ini dilakukan Dinas Sosial (Dinas) Jembrana atas dasar permohonan dari Polres Jembrana. Turut hadir menyaksikan pemakaman ini, Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP M Reza Pranata, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Jembrana, Ida Bagus Ketut Aryana, Lurah serta Kepala Lingkungan Loloan Timur. Begitu juga hadir perwakilan dari Kantor Kementrian Agama Jembrana, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Jembrana, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jembrana, dan RSU Negara.

Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP M Reza Pranata mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengungkap identitas Mr X ini. Di samping menyebar informasi terkait ciri-ciri Mr X ini ke jajaran Kepolisian di Bali, sempat dilakukan koordinasi ke Polres Banyuwangi, Jawa Timur, serta pihak Imigrasi. Termasuk menyebar informasi ke media.

Namun hingga saat ini, kata AKP Reza, hasilnya masih nihil. Belum ada laporan kehilangan orang maupun masyarakat yang mengaku kenal dengan Mr X ini. "Dengan hasil yang masih nihil, dan mayat Mr X ini sudah cukup lama dititipkan di Rumah Sakit, jadi kami berkoodinasi ke Dinas Sosial untuk dilakukan penguburan," ucap AKP Reza.

Disinggung mengenai hasil otopsi, M Reza mengaku, belum menerima hasil resmi dari RSUP Prof Ngoerah, Denpasar. Namun dari hasil yang sudah disampaikan secara lisan, dipastikan tidak ada tanda-tanda kekerasan. Untuk ras Mr X ini, diperkirakan adalah ras Mongoloid yang merupakan ras sebagian besar orang Asia. "Jenis ras yang diperkirakan adalah ras Mongoloid. Itu artinya korban ini jenis ras Asia. Kemungkinan bisa saja dari luar maupun dalam negeri," duga AKP Reza.

Seperti diberitakan sebelumya, mayat Mr X ini ditemukan seorang nelayan, Najmudin, 46, asal Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, saat melaut di perairan Pantai Yehembang, Rabu (7/9) subuh pukul 05.30 Wita. Mayat Mr X ini ditemukan mengambang di tengah laut dengan kondisi sudah membusuk.

Adapun ciri-ciri mayat Mr X ini, berpostur tubuh gemuk atau membengkak dengan tinggi badan 170 centimeter. Korban memakai baju kaos lengan panjang warna abu-abu dengan terdapat tulisan merek 'XX-VAIKI', dan memakai celana pendek warna hitam merek 'Reebok'.

Pada bagian dada mayat Mr X ini terdapat ciri-ciri tato berbentuk heksagram. Kemudian ada tato di leher dan kedua bahu. Mr X ini juga diketahui menggunakan 3 gigi palsu, masing-masing pada gigi geraham kanan atas, geraham kanan bawah, dan geraham kiri bawah. *ode

Komentar