nusabali

Lawan Guam, Indonesia Butuh Kedewasaan Bermain

  • www.nusabali.com-lawan-guam-indonesia-butuh-kedewasaan-bermain

JAKARTA, NusaBali
Timnas Indonesia U-17 butuh kedewasaan bermain saat menghadapi Guam, pada laga perdana di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (3/10) malam.

Laga itu juga menjadi kesempatan bagus Timnas U-17 untuk meraih kemenangan dengan skor besar.  Apalagi di atas kertas, Guam memiliki kualitas yang jauh di bawah tim asuhan Bima Sakti. Apalagi pada laga perdana, Jumat lalu, Guam

Kalah 0-9 dari Uni Emirat Arab. Pengamat sepakbola, FX Harminanto pun merasa Bima Sakti sangat memahami kualitas dan kemampuan pemain asuhannya.

Harminanto merasa Bima Sakti juga leluasa memilih 23 pemain yang dibawa memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Eks pemain PSIM Yogyakarta dan Persiba Bantul itu merasa Iqbal Gwijangge dkk harus lebih dewasa dalam permainan. "Pemilihan pemain juga leluasa dilakukan. Hanya tinggal kedewasaan bermain saja tentunya," kata Harminanto.

Ada kuota 16 tim yang berhak berlaga di putaran final Piala Asia U-17 2023 di Bahrain. Ke-16 tim itu dari 10 juara grup dan enam runner-up terbaik. Harminanto menilai peluang Timnas U-17 lolos ke Bahrain sangat besar. Satu faktor di antaranya tentu status sebagai tuan rumah.

Namun, katanya, Garuda Asia tidak bisa bersantai. Selain Guam, lawan yang mereka hadapi di Grup B tergolong berat. Ada Malaysia, Palestina, dan Uni Emirat Arab yang siap menghadang Timnas U-17.

Meski patut waspada dengan Palestina dan Uni Emirat Arab, Harminanto merasa kekuatan mereka tidak jauh berbeda dengan Timnas U-17. Pada level usia tersebut, kekuatan para pemain di Asia disebutnya tak memiliki perbedaan yang terlampau jauh. Jadi Timnas dinilai masih bisa bersaing.

Timnas Indonesia U-17 tampil percaya diri menyambut ajang ini. Mereka baru saja menjadi juara di ajang Piala AFF U-16 2022. Bima Sakti pun tak banyak melakukan perubahan terhadap skuadnya. Mayoritas skuad di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 ini adalah mereka yang berlaga di Piala AFF U-16 2022 di Sleman pada Agustus lalu. *

Komentar