nusabali

Gubernur Launching Logo dan Maskot Porprov Bali

  • www.nusabali.com-gubernur-launching-logo-dan-maskot-porprov-bali

Logo bunga teratai atau lotus menggambarkan kesucian, kemuliaan, dan keagungan. Sedangkan Curik Bali merupakan satwa yang dilindungi.

DENPASAR, NusaBali

Gubernur Bali Wayan Koster secara resmi melaunching Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV/2022, di Head Quarter Porprov Bali XV/2022 GOR Lila Bhuana Jalan Melati No 1 Denpasar, bertepatan dengan Rahina Tumpek Wayang, pada Saniscara Kliwon Wayang, Sabtu (1/10). Pada pesta olahraga multi event dua tahunan antarkabupaten/kota itu, KONI Bali memakai logo Bunga Teratai, sementara maskot menggunakan Curik atau Jalak Bali.

Seusai launching logo dan maskot, Gubernur Koster tidak memberikan sambutan apapun. Orang nomor satu di Bali yang juga Ketua DPD PDIP Bali itu menyempatkan foto bersama dengan perwakilan atlet yang hadir.

Launching Logo dan Maskot Porprov XV/2022 dihadiri Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo, Kepala Disdikpora Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, perwakilan Bupati/Walikota se-Bali, Ketua Umum Pengprov Cabang Olahraga (Cabor), Ketum KONI Kabupaten/Kota se-Bali, dan perwakilan sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga.

Ketua Pelaksana Porprov Bali yang juga Ketum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan, mengatakan launching ini sebagai upaya memperkenalkan agar Porprov Bali lebih diketahui khalayak, bahwa secara resmi pada 21–27 November 2022 akan dihelat pesta olahraga multi event di Bali. Proses pembukaan akan dilakukan pada 20 November di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar.

“Secara resmi lomba dan pertandingan dilaksanakan pada 21–27 November. Tapi ada sekitar 22 cabor bertanding mendahului sebelum pembukaan, karena durasi bertanding menggunakan venue secara bergiliran,” kata Oka Darmawan.

Cabor yang dipertandingkan mendahului yakni taekwondo, basket, woodball, softball, sepakbola, sepak takraw, tenis lapangan, bulu tangkis, pencak silat, futsal, menembak, biliar, kempo, tarung derajat, angkat berat, karate, catur, bridge, panjat tebing, dansa, bola voli indoor, dan balap motor.

Oka Darmawan yang juga mantan Ketum Pengprov Perbasi Bali, menyatakan pada Porprov Bali 2022 ini maskot yang digunakan adalah Curik Bali. Dipilihnya Curik Bali, menurut mantan Ketum KNPI Bali, ini karena keberadaannya sebagai satwa dilindungi.

Oka Darmawan yang juga mantan Kadisdikpora Badung, menyatakan untuk logo berisi berisi bunga teratai atau lotus. Bunga teratai dipilih, karena menggambarkan kesucian, kemuliaan, dan keagungan. Bentuk dari bunga teratai berhelai sembilan dalam arti Dewata Nawa Sanga sebagai penguasa arah mata angin (Catur Bhuana). Kemudian simbol api warna merah mewakili semangat pantang menyerah.

Oka Darmawan yang juga mantan Kepada Dinas Pariwisata Badung itu menyebutkan, tiga lingkaran memiliki arti prestasi, sportif, dan solidaritas. Kemudian logo provinsi dan kabupaten/kota dipasang sebagai makna pertama kalinya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV/2022 digelar secara gotong royong dengan venue menyebar di semua kabupaten/kota. Kata dia, kemudian tema ‘recover stronger’ dilatarbelakangi oleh visi Indonesia dalam rangka memulihkan diri secara berkelanjutan usai pandemi Covid-19.

Oka Darmawan menambahkan, pada Porprov nanti dipertandingkan 41 cabang olahraga, dengan 552 nomor. Data sementara atlet yang akan tampil itu mencapai 4.300 atlet. “Saya harap selain sukses prestasi, juga sukses pelaksanaan, dan sukses secara ekonomi,” harap Oka Darmawan.

Usai acara launching logo dan maskot Porprov, dilanjutkan dengan talk show menghadirkan narasumber akademisi Prof Nyoman Kanca, Kadisdikpora Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, mantan Ketum KONI Bali I Ketut Suwandi, dan Ketua Siwo PWI Bali Djoko Purnomo. *dek

Komentar