nusabali

Garuda Asia Termotivasi Para Senior

Kualifikasi Piala Asia U-17

  • www.nusabali.com-garuda-asia-termotivasi-para-senior

JAKARTA, NusaBali
Termotivasi kelolosan Timnas Senior dan U-20 ke Piala Asia 2023, Tim Nasional U-17 Indonesia, yang dijuluki Garuda Asia, siap berjuang keras di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Timnas U-17 akan berlaga pada 1-9 Oktober, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Di Grup B, Indonesia bersaing dengan Malaysia, Palestina, Guam dan Uni Emirat Arab (UEA). Pada laga perdananya, Indonesia akan menghadapi Guam di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (3/10).


"Para pemain ingin seperti senior-seniornya di Timnas Indonesia," ujar pelatih timnas U-17 Indonesia Bima Sakti (46), dalam konferensi pers di Sentul, Bogor, Jumat (30/9).

Bima berharap motivasi tersebut membuat anak-anak asuhnya mampu menunaikan target ke putaran final Piala Asia 2023. Bima menegaskan, skuadnya menganggap penting seluruh laga di Grup B. Menurutnya, semua lawan bagus dan timnya menghormati mereka.

Bima meminta timnya agar fokus mendapatkan tiga poin sejak laga pertama menghadapi Guam pada Senin (3/10).  Konsentrasi pemain mutlak diperlukan karena Bima tidak ingin kelolosan Indonesia ke Piala Asia U-17 2023 bergantung kepada tim lain.

Sang kapten Timnas U-17 Muhammad Iqbal Gwijangge mengamini pernyataan Bima Sakti. Meski demikian, Iqbal menegaskan, dirinya dan rekan-rekannya, senang dan tidak terbebani dengan prestasi timnas U-20 dan senior. Justru, pencapaian tersebut membuat semangat mereka semakin tinggi. Apalagi, Garuda Asia baru saja merebut gelar juara Piala AFF U-16 2022 pada Agustus lalu.

"Kami ingin menunjukkan penampilan lebih baik daripada di Piala AFF. Kami mau membanggakan orang tua dan masyarakat Indonesia," kata Iqbal.

Usai melawan Guam pada Senin, Iqbal dkk akan menghadapi UEA pada Rabu (5/10), lau Palestina pada Jumat (7/10) dan, terakhir  Malaysia pada Minggu (9/10). Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 diikuti 44 negara yang dibagi ke dalam 10 grup. Nantinya, juara grup dan lima peringkat kedua terbaik berhak tampil di putaran final bersama tuan rumah Piala Asia U-17 AFC 2023 Bahrain.

Indonesia sendiri menjalani pemusatan latihan (TC) sejak 5 September 2022, di Yogyakarta dan Bogor. TC di Yogyakarta pada 5-25 September. Lalu dari 25 September sampai saat ini di Bogor.

“Kami telah lima kali beruji coba dengan tim-tim lokal, termasuk melawan akademi-akademi dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Terakhir, Rabu (28/9), kami menghadapi PPLP Kemenpora," kata Bima. *ant

Komentar