nusabali

Produsen Minuman Beralkohol Kampanyekan Program Kemasan Ramah Lingkungan

  • www.nusabali.com-produsen-minuman-beralkohol-kampanyekan-program-kemasan-ramah-lingkungan

MANGUPURA,NusaBali.com - Penerapan pola hidup yang ramah lingkungan adalah sebuah keharusan, sebab dampak dari pencemaran lingkungan telah menjadi isu yang diperbincangkan berbagai kalangan akhir-akhir ini.

Menurut data Jenna R. Jambeck dalam publikasi artikelnya berjudul Plastic Waste Inputs From Land Into The Ocean, disebutkan Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang sampah kemasan plastik dan kaca terbanyak kedua di dunia. 

Menanggapi fakta tersebut, Diageo Indonesia sebagai produsen dari brand minuman beralkohol Smirnoff mulai mengkampanyekan program kemasan yang lebih ramah lingkungan.

"Kami berambisi menjadi sebuah brand paling sustainable (berkelanjutan), tidak hanya fokus pada kepuasan pelanggan saja, tetapi juga turut berpartisipasi untuk mewujudkan dunia yang lebih baik melalui cara yang mudah dan menyenangkan," ungkap Presiden Direktur Diageo Indonesia Alefiyah Sarma, kepada awak media saat peluncuran kampanye program kemasan ramah lingkungan di Canggu, Kuta Utara, Badung, Jumat (30/9/2022) sore.

"Dan melalui program ini, kami mengajak para konsumen untuk turut serta mendukung dengan beralih menggunakan kemasan 'ecoTOTE' yang lebih ramah lingkungan," lanjutnya.

Dengan format kemasan baru ramah lingkungan ini, maka dapat digunakan secara berulang sehingga mengurangi limbah botol dan jejak karbon.

Menurut Alefiyah pengemasan dalam ecoTOTE tersebut merupakan solusi dengan mekanisme distribusi sirkular tertutup, dimana ecoTOTE yang sudah kosong akan dikembalikan untuk diisi ulang kembali.

"Jadi kami tak hanya mengurangi limbah kaca sekali pakai, tetapi juga mengurangi 3,3 kg karbon setiap siklus konsumsi," terangnya.

Sementara dalam kampanye ini juga mendukung program penghijauan di Indonesia, yaitu dengan setiap satu siklus konsumsi ecoTOTE maka akan dilakukan program penanaman satu bibit pohon.

"Dengan demikian sejalan dengan konsumsi produk, maka semakin banyak bibit pohon yang ditanam untuk menghijaukan kembali area yang terdegredasi," jelas Paul Gabie, Chief Executive Officer ecoSPIRITS, produsen yang memproduksi kemasan ramah lingkungan ecoTOTE.

Hadirnya kampanye ramah lingkungan ini juga mendapat apresiasi positif dari outlet-outlet di kawasan pariwisata Bali, baik itu kafe, restoran maupun bar. Apalagi Pulau Dewata sebagai destinasi wisata favorit dunia, tidak bisa terlepas dari para tamu yang terkadang datang untuk menikmati minuman beralkohol sembari bersantai.

"Hal ini sejalan juga dengan visi dan misi kami yang telah lama menerapkan program sustainable dalam operasional sehari-hari, dan kami selalu berkomitmen hanya fokus berkerjasama dengan brand yang menerapkan program keberlanjutan pada bisnis yang mereka jalankan," tutur General Manager La Brisa, Angela Prigin.

Angela pun menambahkan La Brisa sebagi beach club tepi pantai di Canggu selalu menerapkan operasional ramah lingkungan terutama dalam hal pengelolaan limbah.

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat meningkatkan edukasi dan kesadaran masyarakat untuk mengurangi limbah botol kaca dan emisi karbon untuk kehidupan yang lebih baik" pungkasnya.*aps

Komentar