nusabali

Puan Optimis P20 Berdampak ke Pariwisata

Serap 33.000 Pekerja di Sektor UMKM

  • www.nusabali.com-puan-optimis-p20-berdampak-ke-pariwisata

JAKARTA, NusaBali
DPR RI siap menggelar The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20) yang akan diselenggarakan 5-7 Oktober 2022.

Ketua DPR RI Puan Maharani meyakini forum internasional bergengsi itu akan berdampak positif terhadap pariwisata Indonesia. “DPR RI optimistis penyelenggaraan P20 akan berdampak positif pada kunjungan wisata di sejumlah destinasi pariwisata di Indonesia,” ujar Puan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9).

Nantinya tidak hanya pimpinan parlemen saja yang hadir ke Indonesia. Melainkan para kepala daerah G20 beserta delegasi mereka akan datang pula. Ditambah lagi dengan tamu undangan lainnya. "Saya yakin, delegasi dan tamu-tamu P20 maupun KTT G20 tidak ingin kehilangan momen mendatangi berbagai destinasi wisata kita ketika datang ke Indonesia,” ujar politisi senior PDI Perjuangan ini.

P20 nantinya akan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan. P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Gelaran G20, termasuk penyelenggaraan P20, secara keseluruhan diprediksi berkontribusi terhadap proyeksi peningkatan wisatawan mancanegara sebesar 1,8 juta hingga 3,6 juta orang.

“Penyelenggaraan P20 dan KTT G20 tentu berdampak langsung kepada rakyat Indonesia dengan adanya kunjungan dari utusan negara-negara sahabat yang datang ke Indonesia,” jelas Puan. Perhelatan P20 dan G20 diketahui juga mampu menopang 600 ribu–700 ribu lapangan kerja baru, termasuk di sektor kuliner, fashion, dan kriya.

Rangkaian kedua event dunia itu pun melibatkan UMKM yang menyerap sekitar 33.000 pekerja. Oleh karenanya, DPR meminta dukungan rakyat untuk keberhasilan gelaran P20 dan KTT G20.

Terlebih rangkaian P20 dan G20 sudah mulai dilakukan sejak beberapa waktu lalu dengan lokasi di sejumlah daerah.

Untuk itu, moment pelaksanaan P20 dan KTT G20 harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. Perempuan dari Fraksi PDIP ini menyatakan, DPR RI telah mendorong agar tamu dan delegasi-delegasi negara G20 tidak hanya berkunjung ke Jakarta atau Bali yang menjadi tempat pelaksanaan P20 dan KTT G20.

“Kami mau agar tamu-tamu negara yang datang ke Indonesia nanti bisa pergi berkunjung ke daerah-daerah destinasi pariwisata lainnya seperti ke Labuan Bajo, Raja Ampat, Danau Toba, Lombok, dan lain-lain,” papar Puan. Cucu dari Proklamator Bung Karno ini berharap, kehadiran para utusan negara-negara yang tergabung dalam G20 bisa menjadi booster bagi dunia pariwisata kita.

Di P20, DPR RI mengusung tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’. Tema itu sejalan dengan tema Presidensi G20, yaitu ‘Recover Together, Recover Stronger’. Ada empat isu utama yang diangkat DPR dalam forum internasional bergengsi tersebut. Pertama mengenai pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau.

Kedua soal ekonomi inklusif dan ekonomi kuat untuk menghadapi tantangan terkini yaitu krisis pangan, energi, dan stagnasi.

Isu ketiga dalam P20 nanti, terkait parlemen efektif dan demokrasi dinamis. Kemudian isu keempat mengenai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. *k22

Komentar