nusabali

Pangkung Karung Gelar Festival Layangan

Dijadikan Ajang Pemersatu Masyarakat

  • www.nusabali.com-pangkung-karung-gelar-festival-layangan

TABANAN, NusaBali
Desa Pangkung Karung, Kecamatan Kerambitan bakal gelar festival layangan  pada 2 Oktober mendatang.

Festival perdana yang mengambil tema Bayuning Sabda Idep ini menargetkan 400 peserta.  Menariknya festival layangan digelar sebagai langkah mempersatukan seluruh warga Desa Pangkung Karung. Maklum saja selama puluhan tahun terakhir Desa Pangkung Karung tidur, artinya tanpa kegiatan. Apalagi sebelumnya terjadi kotak-kotak antar warga satu dengan warganya lainnya.

Perbekel Desa Pangkung Karung, I Wayan Subawa mengatakan sebagai persiapan panitia sudah mengkonsep festival 80 persen. Festival layangan ini akan digelar di Subak Seronggo Desa Pangkung Karung.

"Ini festival perdana yang kita buat untuk layangan," jelasnya, Jumat (30/9). Kata dia, dari 400 peserta yang ditarget, yang mendaftarkan diri untuk ikut baru 250 peserta seluruh Bali.

Festival layangan yang dibuat kategori remaja dengan 5 jenis layangan yang dilombakan. Diantaranya layangan bebean, pecukan, janggan buntut, janggan, dan bebean big size. "Maksimal kami buat aturan panjang kayangan 3-4 meter," terangnya.

Subawa menegaskan tujuan dilaksanakan festival layangan sebagai upaya mempersatukan seluruh masyarakat Pangkung Karung agar tak terjadi skat kotak-kotak seperti sebelumnya. "Seperti kita ketahui selama puluhan tahun Pangkung Karung tidur agar lebih bangkit dan semarak kami buat festival layangan perdana," tegasnya.

Dia berharap festival layangan ini bisa berjalan lancar. Sebab jika ini sukses maka akan digelar festival lanjutan tiap tahun. "Hadiah dari festival yang kita laksanakan menarik, salah satunya memperebutkan pengiriman peserta terbanyak, uang tunai dan trophy," tegasnya.

Sementara dari sisi pengaman festival telah dikoordinasikan ke pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Kerambitan. "Kantong parkir sudah disediakan dengan baik agar tak menganggu kenyamanan warga lain," terang Kapolsek Kerambitan AKP Ni Luh Komang Sri Subakti.

Bahkan untuk mencegah terjadinya pencurian sepeda motor di lokasi, personil akan mengamankan sampai akhir acara. "Kita back up agar acara berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan kamtibmas," tandasnya. *des

Komentar