nusabali

Panglima TNI Tinjau Latihan Tactical Floor Game KTT G20

  • www.nusabali.com-panglima-tni-tinjau-latihan-tactical-floor-game-ktt-g20

DENPASAR, NusaBali
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau langsung latihan Tactical Floor Game (TFG) yang digelar di GOR Praja Raksaka Kepaon, Denpasar Selatan, Jumat (30/9).

Latihan yang diikuti personel gabungan TNI/Polri ini digelar dalam rangka menyusun pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20).

Kedatangan pucuk pimpinan tertinggi TNI ini disambut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, dan pejabat TNI/Polri lainnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebelum akhirnya menuju ke GOR Praja Raksaka Kepaon, Denpasar.

Latihan TFG ini sangat penting dilaksanakan guna memastikan rangkaian pengamanan Presidensi G20 sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing Satgaspam termasuk Satgas Evakuasi. Dalam kesempatan tersebut, Pangdam selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgaspamwil) KTT G20 secara langsung memaparkan tugas pengamanan kepada Jenderal Andika.

"Satgaspamwil dalam pelaksanaan tugas pengamanan, membawahi 5 Subsatgas, yaitu Subsatgas Lakir, Subsatgas Route, Subsatgas Tempat Kegiatan, Subsatgas Penginapan dan Subsatgas Cadangan," beber Pangdam di hadapan Panglima TNI. Di akhir latihan TFG, Panglima TNI memberikan evaluasi dan penekanan dengan mengatakan bahwa kegiatan TFG pertama ini sudah terlihat tugas dari para Dansatgas. Jenderal Andika meminta kepada Satgas Laut, Udara, Pam Bandara, dan Pelabuhan agar terus melaporkan segala perkembangan maupun dinamika yang terjadi, sehingga pengamanan peserta G20 tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan.

Sementara Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan betapa pentingnya latihan itu. Dikatakannya, TFG tersebut bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan KTT G20. TFG juga dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Satgas mengetahui peran dan fungsinya untuk menyukseskan dan mendukung berjalannya kegiatan KTT G20.

Jenderal bintang dua di pundak ini mengatakan bahwa kegiatan TFG ini sangatlah penting dilakukan guna memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam rangka mengamankan even KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada bulan November mendatang.

“Hal ini merupakan tahapan dengan prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan dalam menjalankan latihan secara bertingkat dan berlanjut dari tahapan sebelumnya. Saya berharap kegiatan ini bisa menemukan hal-hal yang selama ini belum diprediksi, sehingga kita dapat mengantisipasinya dan lebih matang dalam menghadapi kegiatan TFG tingkat selanjutnya,” harap Kapolda. *pol

Komentar