nusabali

9 Siswa SMPN 2 Amlapura Kena Sakit Mata

  • www.nusabali.com-9-siswa-smpn-2-amlapura-kena-sakit-mata

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 9 siswa SMPN 2 Amlapura dan seorang guru kena sakit mata. Awalnya hanya satu siswa yang menderita sakit mata, kemudian menular kepada 9 siswa dan seorang guru.

Kasek SMPN 2 Amlapura, I Kadek Wirawan, menyarankan siswanya yang sakit mata untuk tidak sekolah buat sementara waktu. Sekolah membijaksanai siswa yang kena sakit mata belajar di rumah.

Kadek Wirawan mengatakan, siswa yang sakit mata tidak sebatas mata merah, namun kelopak mata juga bengkak. “Tujuh siswa kondisinya sudah membaik dan bisa sekolah. Mereka belajar menggunakan kaca mata. Dua siswa lainnya belum bisa sekolah,” ungkap Kadek Wirawan, Kamis (29/9). Sekolah mengeluarkan kebijakan, yang menderita sakit mata agar istirahat di rumah, bukan belajar online.

Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama menyarankan koordinasi dengan petugas UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). “Jika belum mempan, koordinasi dengan Puskesmas terdekat agar cepat dapat penanganan sehingga penyakit mata tidak menular,” saran Gusti Putra Pertama. Salah satu penyebab penyakit mata karena peradangan, bisa disebabkan penggunaan HP berlebihan, pola makan tidak sehat, atau karena infeksi debu.

Penyebab lainnya karena diabetes, hipertensi, faktor genetika, usia, katarak, glukoma, dan saraf optik terkikis. Gejalanya mata merah, nyeri, gatal, berair, pandangan kabur, dan kepala pusing. Gusti Bagus Putra Pertama meminta petugas Puskesmas Karangasem I melakukan kunjungan ke SMPN 2 Amlapura. Petugas kemudian mengecek kesehatan 7 siswa dan seorang guru, dinyatakan masih menderita sakit mata, tetapi kondisinya membaik. *k16

Komentar