nusabali

Perbaikan Jalan Lingkar GOR Gunung Agung Rp 150 Juta

  • www.nusabali.com-perbaikan-jalan-lingkar-gor-gunung-agung-rp-150-juta

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menganggarkan dana Rp 150 juta untuk memperbaiki jalan lingkar GOR Gunung Agung Amlapura yang rusak tergerus banjir.

Banjir mengakibatkan jalan banyak lubang hingga tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain perbaikan jalan juga ada pembangunan sodetan untuk jalan air.  Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Karangasem, I Gusti Made Arta Wijaya, mengatakan perbaikan jalan lingkar GOR Gunung Agung dengan anggaran Rp 150 juta pada APBD Perubahan 2022. “Paving kami ganti dengan beton,” ungkap Gusti Arta Wijaya seizin Kadisdikpora Karangasem I Wayan Sutrisna, Rabu (28/9). Selain menutup lubang-lubang jalan agar bisa dilalui kendaraan, juga membangun sodetan untuk jalan air. Jika hujan lebat, kiriman air dari pemukiman dibelokkan ke sodetan agar air langsung terbuang ke sungai.

Jalan lingkar GOR Gunung Agung terutama di bagian utara langganan banjir. Berdasarkan hasil survei, selain peningkatan kualitas jalan juga membangun sodetan. Disdikpora Karangasem akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Karangasem agar lebih cepat melakukan normalisasi saluran air hujan dengan memperbaiki drainase. Selama ini drainase sering tersumbat yang menyebabkan air hujan meluap ke pemukiman. Terpisah, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Karangasem I Ketut Prama Budarta mengatakan, langkah awal dengan mengeruk drainase. Setelah itu membuat drainase permanen agar saluran air jadi lancar. Anggaran untuk DED (detail engineering design) atau perencanaan sebesar Rp 90 juta. Pembangunan dikerjakan pada tahun 2023. *k16

Komentar