nusabali

Tepis Perpanjangan Kontrak, STY Pilih Fokus Timnas Dulu

  • www.nusabali.com-tepis-perpanjangan-kontrak-sty-pilih-fokus-timnas-dulu

JAKARTA, NusaBali
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan menawarkan perpanjangan kontrak empat tahun kepada Shin Tae-yong (STY) untuk tetap menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia.

Namun STY menepis tawaran kontrak itu dan memilih fokus menangani Timnas berbagai level. "Terkait kontrak, setelah saya menganalisis dan berdiskusi dengan pihak terkait, ada kemajuan pesat yang luar biasa dari semua level Timnas Indonesia," ujar Iriawan, di Jakarta, Rabu (28/9).

Shin Tae-yong menandatangani kontrak empat tahun dengan PSSI pada Desember 2019 untuk melatih tiga kelompok usia Timnas Indonesia sekaligus. Arsitek asal Korea Selatan itu bertanggung jawab menangani Timnas Indonesia senior, Timnas U-23, dan Timnas U-20.

Kontrak Shin Tae-yong dengan PSSI untuk memoles Timnas Indonesia baru akan berakhir pada Desember 2023. Iriawan mengisyaratkan menambah kontrak STY empat tahun lebih lama lagi setelah Piala Dunia U-20 2023.

"Kontraknya habis akhir 2023. Kami minimal memperpanjang kontraknya per empat tahun," tutur Iriawan. Iriawan akan membiarkan STY fokus menggeber Timnas U-20 yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Terdekat, Shin Tae-yong akan menggelar pemusatan latihan persiapan Piala Dunia U-20 pada 10 Oktober-4 Desember 2022 di Eropa.

Sementara itu, STY masih enggan membicarakan masa depannya di Timnas Indonesia karena waktunya masih prematur dan fokus dengan berbagai turnamen selama setahun ke depan.

"Jujur, belum waktunya untuk membicarakan perpanjangan kontrak di Timnas Indonesia atau tidak," jelas STY. STY akan sangat sibuk dengan tiga kelompok umur Timnas Indonesia dalam setahun ke depan. Setidaknya, pria asal Korea Selatan itu akan meracik strateginya dalam lima kejuaraan. Yakni, Piala AFF 2022 akhir tahun ini, Piala Asia U-20 2023 pada Maret 2023, SEA Games 2023 pada Mei 2023, di Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni 2023, Piala Asia 2023 pada Juni-Juli 2023.

"Ketika semua turnamen itu sudah selesai, mungkin kalau ada kesepakatan atau diakui sebagai pelatih yang baik, mungkin akan dipertimbangkan tawaran perpanjangan kontrak," kata STY.

Terdekat STY akan memimpin training center (TC) Timnas U-20 pada 10 Oktober hingga 4 Desember 2022. TC itu untuk memantapkan persiapan sebelum jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. PSSI menyiapkan empat opsi negara Eropa sebagai lokasi pemusatan latihan Timnas U-20, yakni Spanyol, Portugal, Belanda, dan Turki. *

Komentar