nusabali

Denpasar Berbunga-bunga, 3.010 Bunga Jempiring Disumbangkan Jasa Raharja

  • www.nusabali.com-denpasar-berbunga-bunga-3010-bunga-jempiring-disumbangkan-jasa-raharja

DENPASAR, NusaBali.com – Kota Denpasar bakal lebih hijau lagi dengan ribuan bibit bunga jempiring yang disebar ke berbagai penjuru. Sebanyak 3.010 bibit bunga yang biasa disebut bunga kaca piring ini disumbangkan PT Jasa Raharja melalui DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Denpasar dalam prosesi yang dilaksanakan di Dharma Negara Alaya, Lumintang, Rabu (28/9/2022) sore.

Penyerahan bibit bunga jempiring ini selanjutnya dibagikan kepada seluruh kepala desa dan lurah se-Kota Denpasar.

“Sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara), ada tugas TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) yang harus dijalankan Jasa Raharja. Nah kali ini adalah di bidang lingkungan, dimana kami memilih tanaman asli khas Kota Denpasar, bunga jempiring,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja, Munadi Herlambang.

Harapannya, lanjut Munadi, bunga jempiring yang dibagikan ke seluruh desa dan kelurahan di Kota Denpasar dapat meningkatkan penghijauan di Kota Denpasar. “Kita support Denpasar yang sudah melakukan penghijauan dengan baik,” kata Munadi. 

Peningkatan penghijauan ini dipandang perlu karena Denpasar menjadi kota wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, termasuk saat ini banyak ‘tamu’ menyambut event G20 di Bali.

“Kita ingin membantu mningkatkan penghijauan. Endingnya adalah penghijauan bisa  mengurangi emisi karbon di kota Denpasar,” kata pria humoris ini.

Sementara bunga jempiring dipilih karena sudah dikenal sebagai maskot  Kota Denpasar, sehingga kekhasan ini semakin menunjukkan sisi unieqness dari Kota Denpasar.

Sumbangan ribuan bunga jempiring ini sejalan dengan program DPD LPM Kota Denpasar yang akan mengadakan ‘Lomba Penataan Taman Telanjakan’ dalam rangka menyambut HUT Ke-235 Kota Denpasar pada 27 Februari 2023.

Dengan dilakukan penanaman dan penataan taman telanjakan dari sekarang, maka pada Februari mendatang, tanaman jempiring sudah berbunga indah.

“Jempiring punya filosofi sakral. Tanaman ini tumbuh 2-3 bulan,  berbunganya bisa sampai 6 bulan. Namun diperlukan perawatan khusus dan aura khusus menanam jempiring,” kata Ketua DPD LPM Denpasar, I Gede Eka Suputra.

Eka Suputra pun mengucapkan terimakasih atas support dari Jasa Raharja. “Selama ini kami juga sudah disupport, baik kegiatan yang bersifat sosial maupun lingkungan melalui program TJSL dan CSR,” tambah Eka Suputra. 

Terkait bunga sumbangan dari Jasa Raharja,  Walikota Denpasar yang diwakili oleh Sekda Ida Bagus Alit Wiradana menyatakan terima kasih, apalagi bunga jempiring adalah maskot Kota Denpasar.

“Kepada camat, kelurahan, desa agar mensupport program LPM Denpasar dalam rangka memfungsikan taman telanjakan,” pesan Walikota yang dibacakan IB Alit Wiradana.

Taman telanjakan ini dinilai memiliki multi fungsi, bukan hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari, melainkan juga untuk kelestarian lingkungan.  Apalagi taman telanjakan juga berfungsi ebagai penyerap debu hingga membuat polusi berkurang.

“Kawasan perkotaan idealnya 30 persen ruang terbuka hijau. Kami serius dengan taman telanjakan untuk menjaga ekologi dan lingkungan sehat,” kata IB Alit Wiradana.

Pada acara yang dihadiri seluruh camat se-Denpasar, sejumlah perbekel dan lurah se-Denpasar ini, Sekda IB Alit Wiradana berharap masyarakat  ikut fokus pada pelestarian taman telanjakan, mulai kantor pemerintah, BUMN, swasta memperhatikan lingkungan.

Sebelum proses penyerahan bibit bunga dilakukan, terlebih dulu Jasa Raharja  Bali menggelar edukasi implementasi UU Nomor  22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya.  

Penekanan pada Pasal 74 UU 22/2009 yang menegaskan sanksi bagi para pemilik kendaraan yang lalai memperpanjang STNK melebihi dua tahun, sehingga nomor kendaraan akan dihapus oleh pihak regident kendaraan bermotor.

Satu topik lainnya adalah tentang Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Hampir 50 peserta dari kecamatan hingga desa/kelurahan, antusias mengikuti paparan yang diberikan oleh Kepala Sub Bagian Sumbangan Wajib dan Humas, Latifa Isnainiah Masyithoh; dan Kepala Sub Bagian Administrasi Santunan, Jun Rico LN.

“Dengan adanya edukasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih patuh membayarkan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan lebih berhati-hati dalam berkendara,” kata Kepala Cabang Jasa Raharja Bali, Abubakar Aljufri .

Komentar