nusabali

Bupati Giri Prasta Terima Kunjungan Ketua DPR Puan Maharani

Tinjau Pantai Pandawa dan Pertanian di Desa Sedang

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-terima-kunjungan-ketua-dpr-puan-maharani

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menerima Kunjungan Kerja (Kunja) Ketua DPR RI Puan Maharani, Rabu (28/9).

Selama di Badung ada dua lokasi yang dipilih, yakni Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan dan Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Rabu (28/9). Turut hadir mendampingi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI IGA Bintang Darmawati, Anggota DPR RI I Made Urip, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Sekda Badung Adi Arnawa serta pejabat terkait.

Pada kunjungan pertama, Puan Maharani ke Pantai Pandawa untuk melaksanakan transplantasi terumbu karang yang dilanjutkan pelepasan tukik dan meninjau penataan kios dan warung di Pantai Pandawa.

Setelah mengunjungi Pantai Pandawa, Puan Maharani melanjutkan kunjungan kedua ke Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal untuk melaksanakan penanaman padi.

Puan Maharani mengatakan kehadirannya ke Kabupaten Badung untuk melihat secara langsung infrastruktur dan kios-kios di seputaran Pantai Pandawa. Dia berharap penataannya bisa lebih baik dan lebih bersihm sehingga menarik minat wisatawan untuk. Di samping itu juga memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga ekosistem laut demi keberlangsungan pariwisata laut, sehingga bisa lebih menyejahterakan masyarakat.

Untuk kunjungan di Desa Sedang, Puan Maharani berkomitmen mendorong petani untuk melihat perkembangan teknologi agar hasil pertanian nantinya lebih produktif, sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat. Sekaligus menekankan untuk Dana Desa sudah seharusnya dialokasikan untuk membangun infrastruktur pertanian setempat. “Kehadiran saya di Kabupaten Badung adalah untuk menanam padi dan biarkan rakyat nanti yang memanen. Selama ini orang hanya fokus pada hasil panennya saja, padahal proses dari sebelum panen itu panjang dimulai dari kita menanam,” ujarnya.

Sementara, Bupati Giri Prasta mengatakan, laut sebagai destinasi wisata dan begitu juga sumber kehidupan ekonomi kerakyatan, sehingga biota laut harus dijaga dengan baik, begitu juga dengan kekayaan laut bisa dijadikan sebuah produk UMKM seperti kerupuk ikan, rumput laut, dan sebagainya.

“Nilah yang kita berdayakan dan kita lakukan di Kabupaten Badung, sehingga bisa menjadikan masyarakat Badung menjadi tuan di tanahnya sendiri,” ujar Bupati Giri Prasta.

Pada sektor pertanian, Bupati Giri Prasta juga menegaskan telah memiliki konsep dari hulu, tengah, dan hilir. “Termasuk kami di Kabupaten Badung sudah melaksanakan badan pangan yang teknisnya itu dilakukan oleh Dinas Pertanian. Secara prinsip Kabupaten Badung berkomitmen mewujudkan ‘Bela, Beli, Wujudkan Jadi Petani dan Bangga Jadi Petani’,” katanya. *ind

Komentar