nusabali

Jasa Raharja dan Universitas Udayana Tandatangani Nota Kesepahaman

  • www.nusabali.com-jasa-raharja-dan-universitas-udayana-tandatangani-nota-kesepahaman

MANGUPURA, NusaBali.com - PT Jasa Raharja dan Universitas Udayana (Unud) melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama yang dilakukan di Ruang Bangsa, Rektorat Unud, Rabu (28/9/2022) siang.

Kesepakatan kerja sama ditandatangani oleh Munadi Herlambang selaku Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja. Sedangkan dari pihak Unud ditandatangani oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Prof Dr dr I Putu Gede Adiatmika. 

Turut hadir dalam penandatanganan MoU ini Kepala Divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi PT Jasa Raharja, Radito Risangadi; dan Kepala PT Jasa Raharja Cabang Bali,  Abubakar Aljufri. 

Adapun bentuk kerja sama nantinya akan dituangkan lebih rinci sesuai kebutuhan fakultas-fakultas yang ada di lingkup Unud. 

“Apapun bentuk kerja samanya, adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerja sama ini juga untuk menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Mas Menteri (Mendikbudristek Nadiem Makarim, Red) ,” kata Prof Adiatmika.

Sebaliknya Munadi Herlambang berharap memorandum of understanding (MoU) yang akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini dapat mengajak civitas akademika Unud menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Hal ini penting, mengingat angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia saat ini didominasi masyarakat usia produktif dengan rentang 25 hingga 40 tahun. 

"Karena memang angka kecelakaan lalu lintas ini tidak pernah turun, dan 60 persen itu usia produktif. Usia produktif itu adanya di kampus, mahasiswa. Jadi mahasiswalah yang harus menjadi duta keselamatan untuk lingkungannya, diri sendiri maupun keluarganya, itu tujuan kami," kata Munadi. 

Pada bagian lain Munadi menegaskan bahwa kerja sama dengan Unud nantinya juga akan diikuti dengan program lainnya seperti CSR (Coorporate Social Responsibility), atau TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan). 

Munadi pun sepakat dengan Prof Adiatmika, jika kerja sama yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan dari Unud. Namun setidaknya, lanjut Munadi, kerja sama yang sudah ditandatangani bisa membuat Unud mengirimkan peserta dalam ajang JR-Rovation. 

JR-Rovation atau Jasa Raharja Road Safety Innovation merupakan ajang penghargaan bagi para inovator muda, khususnya mahasiswa, yang berhasil menciptakan inovasi di bidang keselamatan berkendara.

“JR-Rovation menjadi kesempatan bagi para mahasiswa untuk berperan aktif dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas. Melalui kegiatan ini, mahasiswa bisa menyampaikan karya-karya terbaik mereka. Nantinya, karya tersebut berpotensi digunakan sebagai alat pendukung instansi berwenang dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas,” kata Munadi.

Pada kesempatan penandatangan nota kesepahaman yang disaksikan oleh para Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Direktur Utama RS Unud ini, penandatanganan serupa juga dilakukan antara PT Asuransi Jasaraharja Putera  dan Unud.  

Asuransi Jasaraharja Putera ini adalah anak perusahaan dari Jasa Raharja yang berdiri sejak 1986.

Berbeda dengan Jasa Raharja yang hanya memiliki ketrekaitan terhadap santunan kecelakaan lalu lintas, maka Asuransi Jasaraharja Putera bersifat sebagaimana asuransi pada umumnya.

Peluang kerja sama, terutama bagi civitas academica Unud itulah yang dijajaki oleh  Asuransi Jasaraharja Putera, sehingga Bambang Isworo selaku Direktur Utama turut menjalin MoU dengan Unud.

Atas hal ini Wakil Rektor IV Prof Adiatmika pun membuka diri, "Tujuan dari kerjasama ini adalah bagaimana kita bisa memberikan manfaat kepada mahasiswa kita, juga kepada seluruh civitas akademika." 

"Karena dari Jasa Raharja dan Asuransi Jasaraharja Putera itu memiliki produk yang dapat memberikan manfaat untuk kenyamanan proses aktivitas seluruh civitas akademika di Universitas Udayana," urai Prof Adiatmika. 

Komentar