nusabali

Jelang Arema vs Persebaya, Kedatangan Aremania Diatur

  • www.nusabali.com-jelang-arema-vs-persebaya-kedatangan-aremania-diatur

MALANG, NusaBali
Manajemen Arema FC menyiapkan skema kedatangan pendukung tim berjuluk Singo Edan itu dalam laga derby Jawa Timur menjamu Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10).

Skema kedatangan suporter yang dikenal dengan sebutan Aremania tersebut perlu disiapkan mengingat mereka banyak yang berasal dari sejumlah wilayah di Jawa Timur.

"Kami juga berkoordinasi dengan aparat keamanan pada wilayah-wilayah luar kota yang berpotensi adanya keberangkatan Aremania dari wilayah tersebut ke Malang," kata Ketua Panpel Arema FC Abdul Haris, Selasa (27/9). Haris menjelaskan, salah satu wilayah di Jawa Timur yang diperkirakan akan menjadi tempat keberangkatan Aremania tersebut adalah wilayah Pasuruan. Manajemen Arema FC melakukan koordinasi dengan Polres Pasuruan untuk pengamanan Aremania saat melakukan perjalanan.

Menurutnya, manajemen Arema FC telah melakukan pertemuan dengan Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama bersama perwakilan Aremania dari sejumlah wilayah seperti Sidoarjo, Pandaan, Sukorejo, Purwosari dan Purwodadi serta wilayah lainnya. "Pembahasan dalam rakor itu, adalah terkait dengan pengamanan jalur rombongan Aremania yang dari wilayah utara atau Sidoarjo," katanya.

Ia menambahkan, berdasarkan saran dari Kapolres Pasuruan, Aremania diimbau untuk menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Para suporter tidak disarankan menggunakan kendaraan roda dua. "Disarankan untuk memakai roda empat atau berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI agar bisa disediakan transportasi," katanya.

Ia berharap, pertandingan yang akan digelar bisa berjalan dengan lancar termasuk perjalanan para Aremania dari berbagai wilayah. Arema FC memberikan apresiasi kepada jajaran kepolisian yang memberikan perhatian penuh untuk pengamanan laga.

Pada partai panas yang mempertemukan dua klub besar di wilayah Jawa Timur tersebut, manajemen Arema FC tidak menyiapkan kuota tiket untuk pendukung Persebaya Surabaya atau yang biasa dikenal dengan sebutan Bonek. Keputusan untuk tidak menyediakan kuota tiket untuk Bonek tersebut dikeluarkan setelah melakukan koordinasi dengan pendukung skuad Singo Edan, dan sesuai dengan perjanjian yang disepakati di Polda Jatim pada 2006, bahwa pendukung kedua tim tidak saling mengunjungi.

Tim asuhan pelatih asal Chile Javier Roca, Arema FC akan ditantang Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam laga lanjutan Kompetisi Liga 1. Saat ini, Arema FC berada di urutan ke-9 klasemen sementara lIga 1 dengan mengantongi 14 poin. Sementara Persebaya Surabaya berada di urutan ke-14 dan mengumpulkan sepuluh poin, usai kalah 2-1 pada pertandingan terakhir melawan RANS Nusantara FC. *ant

Komentar