nusabali

Pengembangan Dewi Tonjolkan Kearifan Lokal

  • www.nusabali.com-pengembangan-dewi-tonjolkan-kearifan-lokal

DENPASAR,NusaBali
Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi) Klungkung mendorong pengembangan wisata desa  berdasar  potensi dan kearifan lokal setempat.

Mulai dari mengenalkan pertanian tradisional, permainan sampai ke penyosohan beras. Tujuannya agar produk desa wisata tidak menoton serta sebagai  media edukasi.

Ketua Forkom Dewi Klungkung I Wayan Malendra mengatakan Jumat (27/9). “Konsepnya pengembangan desa wisata secara thematik,” ujar pria asal Desa Bakas, Kecamatan  Banjarangkan.

Artinya rintisan pengembangan desa wisata, dengan mengoptimalkan potensi setempat. “Itu yang  Dewi Klungkung dorong,” ujarnya.

Klungkung memiliki belasan desa wisata. Diantaranya  Desa Bakas, Nyalian, Manduang, Aan, Tihingan, Kamasan, Gelgel, Besan, Paksebali dan lainnya sampai  di Nusa Penida.

Kata  Malendra, masing-masing memiliki keunikan. Contohnya Desa Tihingan, terkenal sebagai sentra kerajinan gong atau gamelan. Desa Kamasan  kesohor dengan seni lukis wayang Kamasan. Sementara, Desa Bakas  terkenal dengan potensi alam,  pertanian serta kuliner dan potensi lainnya.

“Keberagaman thema inilah yang Forkom Dewi upayakan untuk dipertahankan,” ucapnya. Menurutnya  keberagaman thema tersebut tak semata untuk kepentingan pariwisata, namun juga sebagai sarana edukasi, pengenalan potensi-potensi kepada masyarakat sendiri. Karena, kata dia, sesungguhnya banyak potensi kearifan lokal yang semestinya diketahui. Contohnya apa  itu kue atau jaja laklak, termasuk pengenalan budaya dan produk pertanian.

Malendra menuturkan, dia sendiri berinisiatif menggali dan mengeksplore potensi-potensi yang ada di desa wisata. Karena itulah dia sering memandu wisman, mulai dari jalan- jalan ke sawah, ikut panen sampai mengajak ke pabrik penyosohan beras.

Selain mengajak wisatawan  bagaimana membuat jajan tradisional, membuat layang- layang dan belajar megamel (menabuh). “Itu yang kita kenalkan kepada mereka (wisatawan),” ucapnya. *K17

Komentar