nusabali

IPBI Gelar Pelatihan Destinasi Wisata

  • www.nusabali.com-ipbi-gelar-pelatihan-destinasi-wisata

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta tandatangani kerja sama dengan Rektor Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) Bali Dr I Made Sudjana.

Kerja sama terkait Pelatihan Destinasi Wisata Berkelanjutan dan Pengelolaan Sampah Organik dan Non Organik, di Kantor Kepala Desa Manduang, Kecamatan Klungkung, Selasa (27/9).

Kegiatan itu dirangkaikan dengan peringatan Hari Pariwisata Sedunia (World Tourism Day) 2022. Rektor Sudjana mengatakan, ada beberapa titik fokus dalam pelatihan ini. Di antaranya, untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas, fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan mengajak masyarakat, pemerintah, pembisnis hingga komunitas untuk menjadi menciptakan pariwisata yang tangguh inklusif dan berkelanjutan. "Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa kami bisa lebih berkiprah untuk membangkitkan desa wisata," ujar Sudjana.
 
Bupati Suwirta mengatakan Desa Manduang ini merupakan salah satu desa di Kabupaten Klungkung yang sedang dikembangkan untuk menjadi desa wisata. Bupati berharap dengan adanya kerja sama ini nantinya bisa berkelanjutan dan mampu berkontribusi positif terhadap perkembangan Desa Wisata Manduang.

Terkait pengelolaan sampah di desa wisata, jelas bupati, tidak begitu sulit. Tetapi, kesadaran masyarakat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga tidak cukup hanya dengan menjalankan Perda/Perbup saja. "Bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar benar-benar memahami pentingnya mejaga kebersihan. Mari bersama-sama ikuti kegiatan ini dengan baik agar nantinya membuahkan hasil maksimal," harap Bupati Suwirta.

Hadir, Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Anak Agung Putra Wedana, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung I Ketut Sujana, dan Camat Klungkung Putu Arnawa.

Seperti diketahui, Desa Manduang, Kecamatan Klungkung, Klungkung, kini mengembangkan Objek Wisata Spiritual Panglukatan Tirta Suranadi. Lokasi objek wisata ini sekitar 9 km arah timur Kota Semarapura. Objek dilengkapi sebuah kolam kedalaman sekitar 120 cm. Selain pancoran dari mata air Pura Tirta Suranadi, terdapat pula pancoran Tirta Muncrat. Di Desa Manduang juga terdapat objek wisata Tukad Jinah Tubbing.*wan

Komentar