nusabali

Semua SMP di Denpasar Sudah Terapkan Kurikulum Merdeka

  • www.nusabali.com-semua-smp-di-denpasar-sudah-terapkan-kurikulum-merdeka

DENPASAR, NusaBali
Seluruh SMP di Kota Denpasar baik negeri maupun swasta sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, mulai tahun ajaran baru 2022/2023 ini.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, Selasa (27/9). Wiratama menambahkan, pelaksanaan Kurikulum Merdeka ini digelar secara bertahap. Untuk tahun 2022 ini diterapkan bagi murid kelas VII.

“Nanti tahun 2023 baru diterapkan untuk kelas VIII, dan di 2024 diterapkan untuk kelas IX, jadi diterapkan bertahap,” ujar Agung Wiratama.

Dia menambahkan, penerapan kurikulum ini dilakukan secara mandiri dan ada juga binaan dari Kemendikbud. Untuk penerapan Kurikulum Merdeka binaan Kemendikbud diterapkan oleh sekolah penggerak, di mana di Kota Denpasar terdapat 9 SMP penggerak.

“Jadi penerapannya untuk sekolah yang bukan sekolah penggerak dilaksanakan secara mandiri. Sementara sekolah penggerak di bawah binaan Kemendikbud,” kata Agung Wiratama.

Selain SMP, penerapan Kurikulum Merdeka di Denpasar juga menyasar jenjang TK/PAUD dan SD. Khusus untuk SD penerapannya saat ini dilakukan untuk kelas IV dan VI. Sama seperti pada jenjang SMP, penerapannya juga ada yang dilaksanakan secara mandiri maupun di bawah binaan Kemendikbud bagi sekolah penggerak.

Ada 31 sekolah penggerak pada jenjang SD di Kota Denpasar. Sementara untuk TK dan PAUD ada 28 sekolah penggerak. *mis

Komentar