nusabali

Tips Sewa Mobil Belitung, Bikin Healing Makin Seru

  • www.nusabali.com-tips-sewa-mobil-belitung-bikin-healing-makin-seru

BELITUNG, NusaBali.com - Belitung adalah destinasi wisata yang menarik. Berlibur ke Belitung dan mengunjungi berbagai pantai indahnya bisa jadi adalah salah satu impian para traveler Tanah Air.

Belitung adalah salah satu destinasi wisata yang dulunya sempat tersembunyi. Tidak banyak orang yang tahu tentang keindahan kawasan ini. Namun, kemunculan novel dan film Laskar Pelangi membuat popularitas Belitung menanjak. Banyak orang yang kemudian menjadikan kawasan ini sebagai salah satu destinasi liburan favorit para traveler. 

Salah satu aktivitas travelling adalah berpindah dari satu titik ke titik lain. Untuk memudahkan mobilitas Anda selama healing di sana, Anda bisa menggunakan jasa Sewa Mobil Belitung.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia, ada banyak jasa sewa mobil di sini yang menyesuaikannya dengan banyaknya permintaan wisatawan.

Simak tips Rental Mobil Belitung berikut ini.

1. Perjanjian yang Jelas 

Sebelum Anda menyewa mobil, Anda harus memastikan sudah paham tentang perjanjian atau kesepakatan sewa. Anda harus memperhatikan perjanjian antara konsumen dan pemilik rental. Mulai dari sistem pembayaran hingga kesepakatan waktu pengembalian serta konsekuensi apabila terlambat mengembalikan. 

“Ini penting karena harga, syarat, dan ketentuan setiap tempat rental berbeda-beda. Persyaratan dan ketentuan yang berlaku di setiap tempat sewa mobil bisa berbeda-beda. Tidak ada salahnya Anda mencari tahu secara rinci mengenai syarat yang harus disiapkan dan apa saja ketentuan yang berlaku saat menyewa mobil,” demikian keterangan di situs resmi Astra Daihatsu.

2. Mengetahui Syarat dan Cara Pembayaran

Hal yang berhubungan dengan uang dan pembayaran merupakan hal krusial dan tidak dapat Anda kesampingkan. Setiap persewaan punya kebijakan berbeda mengenai pembayarannya. Maka, tanyakan secara jelas sistem pembayarannya agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

Sebaiknya, Anda memilih tempat rental mobil dengan kebijakan pembatalan lunak atau pembatalan yang dapat dilakukan setelah reservasi tanpa membayar  apapun. 

3. Pilih Jenis Mobil yang Dibutuhkan

Jangan mudah tergoda dengan hanya melihat mana yang paling murah atau diberikan promo oleh penyewa. Namun, pertimbangkan kebutuhan Anda. Jika butuh mobil dengan kapasitas besar sebaiknya Anda memilih SUV atau jenis mobil yang dapat membawa lebih banyak orang. 

4. Pahami Medan Perjalanan

Sebelum memilih mobil yang ingin disewa, Anda perlu memahami medan dan lalu lintas perjalanan sehingga mendapat mobil yang cocok untuk perjalanan termasuk lahan parkir.
 
5. Memeriksa Kondisi Mobil

Sebelum membawa mobil pergi, pastikan Anda memeriksa kondisi mobil yang akan dibawa bersama pemilik rental. Hal ini untuk melihat apakah terdapat kerusakan seperti penyok, lecet atau kerusakan lain pada mobil. 

Selain kondisi fisik mobil, Anda juga harus mengecek kondisi mesin dan onderdil agar saat digunakan tidak mengalami kendala. Kemudian, kesepakatan mengenai penggantian onderdil yang rusak saat disewa juga harus jelas. 

6. Asuransi Sewa

Untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, sebelum sewa mobil pastikan terdapat asuransi atau tidak dalam proses penyewaannya. Jika tidak, pastikan Anda punya asuransi pribadi yang mengcover kerusakan atau kecelakaan saat menyewa mobil. Anda perlu meminta kesepakatan paling menguntungkan saat terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

Keuntungan Sewa Mobil

Keuntungan pertama dari sewa mobil adalah Anda bisa memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat sesuaikan dengan jumlah orang yang akan ikut menumpang dengan mobilnya. 

Kemudian, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya tambahan. Banyak orang yang mungkin berpikir menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, dan lain-lain agar menghemat pengeluaran saat jalan-jalan.

Namun, ada kemungkinan naik transportasi umum dapat membuat Anda mengeluarkan anggaran lebih. Misalnya, ketika salah naik transportasi, bayar jasa porter untuk membawa barang yang banyak, dan lainnya.

Maka, lebih baik memilih mobil sewa ketimbang transportasi umum, khususnya untuk berlibur. Selain lebih nyaman, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya transportasi tambahan  jika menggunakan mobil sewa.

Komentar