nusabali

Belanda dan Kroasia ke Semifinal

  • www.nusabali.com-belanda-dan-kroasia-ke-semifinal

AMSTERDAM, NusaBali
Kroasia dan Belanda lolos ke semifinal UEFA Nations League 2022/2023. Sedangkan Portugal punya peluang cukup besar menyusul langkah kedua negara tersebut, meski harus bertempur hidup mati lawan Spanyol.

Ya, UEFA Nations League masuk matchday keenam. Sesuai regulasi, empat tim paling atas klasemen UEFA Nations League A akan lolos ke semifinal dan berebut gelar juara. Pemimpin klasemen grup C Hungaria juga akan bersaing dengan Italia. Hungaria butuh hasil seri dan tidak kalah lebih dari tiga gol.

Menariknya kali ini, juara bertahan Prancis gugur karena di posisi ketiga klasemen akhir Grup A. Inggris bernasib yang lebih buruk karena terdegradasi ke UEFA Nations League B, setelah jadi juru kunci klasemen Grup C.

Persaingan ketat terjadi di Grup A. Kroasia bersaing dengan Denmark hingga laga terakhir. Pada akhirnya, Kroasia lolos ke semifinal dengan keunggulan satu poin saja dari Denmark di klasemen akhir. Di laga terakhir pada Senin (26/9), Kroasia menang 3-1 atas Austria dan Denmark mengalahkan tuan rumah Prancis 2-0.

Kroasia meraih 13 poin dari enam laga dan merebut posisi puncak klasemen Grup A. Denmark di posisi kedua dengan 12 poin, lalu disusul Prancis yang di posisi ketiga. Lalu Austria jadi juru kunci Grup A, dengan empat poin dari enam laga.

Sedangkan Belanda lolos ke semifinal UEFA Nations League 2022/2023 dengan catatan luar biasa. Pasukan Louis van Gaal nyaris meraih poin sempurna. Dari enam laga, Der Oranje menang lima kali dan sekali imbang. Di laga terakhir Belanda mengalahkan Belgia 1-0, Senin (26/9) dinihari Wita.

Belanda meraih 16 poin dan di puncak klasemen Grup D. Di posisi kedua, ada Belgia yang mendapatkan 10 poin. Belgia dua kali kalah dari enam laga, dan dua kekalahan itu terjadi saat berjumpa Belanda.

Polandia di posisi ketiga Grup D dengan tujuh poin. Lalu Wales degradasi ke UEFA Nations League B karena jadi juru kunci klasemen Grup D.

Sementara itu Portugal berpeluang besar ke semifinal, harus bersaing dengan Spanyol yang.  Kini, Portugal di puncak klasemen Grup B dengan 10 poin dan selisih gol plus sembilan. Spanyol di posisi kedua dengan 8 poin dan selisih gol plus dua.

Pada laga terakhir, Portugal berjumpa Spanyol. Jika ingin lolos ke semifinal, Spanyol harus menang atas Portugal. Sedangkan Portugal butuh hasil imbang untuk ke semifinal. *

Komentar