nusabali

Puri Kauhan Ubud Gelar Workshop Film Cerita Rakyat Bali

  • www.nusabali.com-puri-kauhan-ubud-gelar-workshop-film-cerita-rakyat-bali

GIANYAR, NusaBali
30 peserta mengikuti workshop perfilman yang diselenggarakan oleh Yayasan Puri Kauhan Ubud, bekerja sama dengan Minikino di MASH Denpasar, Minggu (25/9).

Workshop ini tahap pertama dari kompetisi Purwa Carita Campuhan yang dibuka 1 - 15 September 2022. urwa Carita Campuhan adalah kompetisi ide cerita film pendek tentang pemuliaan air dan pelestarian alam yang dikembangkan dari cerita rakyat Bali. Kompetisi ini memberi pelatihan lanjutan untuk 30 pendaftar terpilih dengan project dan proposal terbaik. Mereka mendapat pelatihan tentang cerita rakyat oleh Mas Ruscitadewi, pengembangan ide cerita oleh Pritagita Arianegara (sutradara film) dan Film Sarad, serta pembuatan proposal oleh John Badalu (produser film dan programmer).

"Dengan pelatihan ini diharapkan bisa membantu para peserta untuk memahami lebih dalam lagi tentang Cerita Rakyat yang terkait dengan Pemuliaan Air dan Pelestarian Alam-lingkungan Bali," jelas Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud AA Ari Dwipayana.

Kegiatan yang didukung oleh Pupuk Kaltim, Telkom Indonesia, dan IndiHome ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Bali maupun luar Bali, seperti Singaraja, Jembrana, Depok, Jepara, bahkan Kalimantan.

Dari pelatihan ini akan dikurasi 15 project terbaik oleh Happy Salma, Roby Navicula, dan I Wayan Suarmaja. 15 peserta terpilih akan mengikuti kompetisi tahap akhir berupa pitching project film di depan dewan juri akhir, yaitu Garin Nugroho, Tjokorda Raka Kerthyasa, dan Anak Agung Gde Ariawan. "Lima project terbaik akan diberikan dana produksi sebesar Rp 25 juta," jelas Agung Ari yang juga Koordinator Staf Khusus Presiden RI ini. *nvi

Komentar