nusabali

Laga Kedua Indonesia vs Curacao, STY Siap Rotasi Pemain

  • www.nusabali.com-laga-kedua-indonesia-vs-curacao-sty-siap-rotasi-pemain

Rotasi sepertinya perlu dilakukan STY. Selain memberikan menit bermain, rotasi juga jadi ajang bagi dirinya mencoba taktik dan strategi baru yang dapat diterapkan dalam laga-laga Indonesia ke depan.

JAKARTA, NusaBali
Timnas Indonesia siap menjalani laga persahabatan kedua melawan Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9) malam. Garuda siap kembali meraih kemenangan setelah menang 3-2 pada laga pertama di Bandung, Sabtu (24/9) malam.

Pada laga kedua pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) diprediksi besar akan melakukan rotasi. Beberapa pemain berstatus cadangan pada laga pertama bisa jadi akan mendapatkan kesempatan bermain pada laga kedua.

Rotasi sepertinya perlu dilakukan STY, seperti dilaporkan bola.com. Selain memberikan menit bermain, rotasi juga jadi ajang bagi dirinya mencoba taktik dan strategi baru yang dapat diterapkan dalam laga-laga Indonesia ke depan.

Pada laga pertama lawan Curacao, Asnawi Mangkualam belum mendapatkan kesempatan bermain. Yakob Sayuri saat itu diplot untuk mengisi posisi Asnawi. Yakob Sayuri bermain cukup baik dan tampil penuh selama 90 menit.

Pada laga kedua, Asnawi kemungkinan besar akan jadi starter. Dia bisa dimainkan di posisi full back dalam formasi empat bek atau didorong jadi wing back jika STY akan menggunakan formasi tiga bek tengah lagi.

Di skuad Indonesia senior saat ini ada dua pemain yang masih jadi anggota Timnas U-20. Yakni, Muhammad Ferarri dan Marselino Ferdinan. Marselino tampil pada laga pertama lawan Curacao. Pemain Persebaya Surabaya itu masuk menggantikan Ricky Kambuaya di awal babak kedua.

Sedangkan Ferarri belum dimainkan. STY tak mengubah komposisi tiga bek tengahnya d laga ini sampai selesai. Pada laga kedua, kesempatan Ferarri bermain cukup besar dan akan jadi debutnya bersama Timnas Indonesia senior.

Nadeo Argawinata (25 tahun) tak terbantahkan menjadi kiper nomor satu di Indonesia saat ini. Sejauh ini kiper Bali United itu memiliki 14 caps di skuad Garuda. Nadeo pun bermain penuh selama 90 menit melawan Curacao. Meski kebobolan dua gol, penampilan pemain asal Kediri, Jawa Timur itu cukup bagus.

Dalam laga kedua, STY perlu memberikan kesempatan satu dari dua kiper yang jadi pengganti Nadeo, yakni Syahrul Trisna dan Muhammad Riyandi. Dua kiper itu juga mengalami perkembangan bagus di klub masing-masing.

Sementara itu, Ketua PSSI Mochamad Iriawan memaparkan tiga tangan dingin STY sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia yang berbuah tawaran perpanjangan kontrak. Yang pertama, kata Iriawan, proses perbaikan Timnas Indonesia yang dipegang STY meliputi senior, U-23, dan U-20. Kedua keberhasilan Timnas Senior lolos ke Piala Asia 2023 dan Timnas U-20 ke Piala Asia U-20 2023.

"Belum lagi, perbaikan tingkat kedisiplinan, intensitas, permainan, serta determinasi di lapangan," ujar Iriawan, Minggu (25/9).

Terbaru, Indonesia mengalahkan Curacao 3-2 dalam uji coba FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (24/9). Kemenangan itu sangat fantastis mengingat tim asal Concacaf itu di peringkat ke-84 ranking FIFA per 25 Agustus 2022. Sedangan Indonesia urutan 155 ranking FIFA.

Karena itu, PSSI pun menyodorkan penambahan kontrak STY meski perjanjian awal baru berakhir pada pengujung 2023. Iriawan mengatakan telah berkomunikasi dengan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk kontrak STY tersebut. *

Komentar