nusabali

Inggris vs Jerman, Selasa Dinihari

Tak Berarti Tapi Sarat Gengsi

  • www.nusabali.com-inggris-vs-jerman-selasa-dinihari

LONDON, NusaBali
Inggris siap menang saat menjamu Jerman pada matchday pamungkas Grup 3 UEFA Nations League A 2022/2023, di Wembley Stadium, London, Selasa (27/9) dinihaei, pukul 02:45 WITA.

Inggris dipastikan terdegradasi ke UEFA Nations League B. Sedangkan Jerman hanya bisa finis maksimal peringkat dua grup.  Meski demikian, laga tersebut sangat bergengsi bagi kedua tim. Ya, Jerman dan Inggris adalah dua negara dengan rivalitas sepakbola yang cukup tinggi. Meski mungkin tak berarti, laga tersebut tetap sarat gengsi.

Di laga sebelumnya, Inggris dan Jerman sama-sama menelan kekalahan dengan skor identik, yakni 0-1. Inggris dikalahkan Italia di San Siro, sedangkan Jerman dipecundangi sang tamu Hungaria. Itu kekalahan pertama Jerman di era kepelatihan Hansi Flick (M9 S4 K1).

Grup 3 saat ini dipimpin Hungaria dengan 10 poin, diikuti Italia (8), Jerman (6), dan Inggris (2). Jerman tak punya peluang bersaing dengan Hungaria dan Italia dalam perebutan status juara grup untuk lolos ke putaran final. Sedangkan Inggris, yang tanpa kemenangan, juga tak bisa keluar dari posisi terbawah.

Meski Inggris di posisi juru kunci, pelatih Gareth Southgate menegaskan dirinya masih sosok yang tepat menangani Inggris di Piala Dunia 2022. Pasalnya, Inggris punya prestasi cukup baik di bawah Southgate.

Dia mampu membawa Tim Tiga Singa menembus semifinal Piala Dunia 2018, dan jadi finalis Piala Eropa 2020. Meski terseok-seok di Liga National UEFA, Inggris tetap membidik prestasi tinggi di Piala Dunia 2022,  meski kritik banyak menghampiri Southgate.

Meski kritik menghampiri, Southgate berusaha tak risau. Dia menilai dirinya masih sosok yang tepat untuk menukangi Inggris di Piala Dunia 2022. Southgate yakin bakal membawa Inggris tampil optimal di ajang tertinggi sepakbola tersebut.

"Saya pikir di situlah tempatnya dan saya harus menerimanya. Saya pikir saya orang yang tepat membawa tim ke turnamen itu. Saya rasa akan lebih stabil seperti itu, tanpa keraguan," ujar Southgate.

Southgare tak berpikir kinerja melawan Italia jauh dari harapan. Dia tahu itu akan mendapat cemoohan hanya karena timnya dalam serangkaian kekalahan. Namun, Southgate merasa harus memisahkan musim panas dan keadaan sekitar musim panas dari pertandingan itu. *

Prediksi Susunan  Pemain

Inggris (3-4-3) vs Italia: Pope; Maguire, Dier, Walker; Saka, Rice, Bellingham, James; Sterling, Kane, Foden. Pelatih: Gareth Southgate.
Jerman (4-2-3-1) vs Hungaria: Ter Stegen; Raum, Rudiger, Sule, Hofmann; Gundogan, Kimmich; Sane, Muller, Gnabry; Werner. Pelatih: Hansi Flick

Komentar