nusabali

Ketua IPSI Bali Hadiri Kejuaraan Pencak Silat Bupati Klungkung Cup II

  • www.nusabali.com-ketua-ipsi-bali-hadiri-kejuaraan-pencak-silat-bupati-klungkung-cup-ii

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa selaku Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali menghadiri Kejuaraan Pencak Silat Bupati Klungkung Cup II di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Minggu (25/9).

Wabup Suiasa mengapresiasi digelarnya kegiatan tersebut, lantaran bisa memantik daerah lain untuk menginisiasi kegiatan serupa. Kejuaraan yang dibuka langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ini mengambil tema ‘Kita Lestarikan Budaya Pencak Silat Warisan Budaya Adi Luhung’. Turut hadir Ketua Harian IPSI Bali Bagus Nyoman Wiranata, Ketua IPSI Klungkung yang juga Ketua Panitia Ir Nengah Ariyanta, Kadisdik Klungkung, Ketua Umum KONI, perwakilan dari Dinas Kebudayaan, serta para wasit dan 86 orang peserta.

Ketua IPSI Bali Ketut Suiasa, menyampaikan apresiasi pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat Bupati Klungkung Cup yang ke-2 tahun 2022 ini. Pihaknya atas nama IPSI Bali sangat mengapresiasi Bupati Klungkung yang telah menginisiasi kegiatan ini. Menurutnya, tentu ini akan menjadi pemantik bagi kota-kota besar untuk silat di Klungkung dan Bali, sehingga berbuat lebih banyak dan berkontribusi yang besar untuk membangun daerah. Termasuk event kejuaran juga ini sebagai ajang persiapan bagi Kabupaten Klungkung untuk mengikuti dan mempersiapkan atlet-atletnya untuk Kejurda IPSI Bali dan Porprov 2022.

“Kami juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada keluarga besar IPSI Klungkung yang telah membantu menyukseskan event ini, sehingga ada atlet-atlet sifatnya regenerasi yang sekarang ini kita adakan, khusus usia pra remaja dan remaja itu sendiri,” kata Suiasa.

Menurut Suiasa, kegiatan ini bentuk kepedulian sekaligus meningkatkan nilai-nilai luhur dalam pencak silat, yaitu aspek mental spiritual, aspek seni budaya, bela diri, dan olah raga. “Selain menyalurkan hobi dan bakat, saya juga berharap melalui turnamen ini dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi serta memperkokoh persatuan dan persaudaraan di antara perguruan silat terutama di Kabupaten Klungkung,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, kegiatan ini sebagai upaya mempersiapkan diri dalam event Porprov Bali 2022 pada November dan Kejurda IPSI yang akan datang. “Dari kejuaran ini saya berharap nantinya dapat melahirkan adik-adik yang berkualitas secara kuantitas maupun secara kualitas,” ucapnya.

Dari adanya event kejuaraan ini, secara kualitas Suwirta berharap para atlet bisa diberikan ruang untuk menempa, menguji, dan membuktikan apa yang sudah didapat selama ini dalam latihan. Menurutnya, semua orang mempunyai potensi untuk menjadi juara, tinggal bagaimana itu bisa naik panggung dan bagaimana membuktikan diri di atas panggung, sehingga nantinya mereka menjadi yang terbaik. “Selamat bertanding kepada seluruh atlet yang akan mengikuti 42 pertandingan dari penyisihan hingga final, mari junjung tinggi sportifitas,” kata Suwirta yang pada kesempatan tersebut membuka secara langsung Kejuaraan Pencak Silat Bupati Klungkung Cup II. *ind

Komentar