nusabali

Pohon Waru Timpa Pos Eks Pelabuhan Buleleng

  • www.nusabali.com-pohon-waru-timpa-pos-eks-pelabuhan-buleleng

SINGARAJA, NusaBali
Salah satu pohon waru yang tumbuh di kawasan eks Pelabuhan Buleleng tumbang, Sabtu (24/9) malam.

Dahan pohon berdiameter 70 sentimeter tumbang menimpa pos pengaman yang ada di bawahnya. Beruntung tidak ada pengunjung dan petugas keamanan saat bencana terjadi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Putu Ariadi Pribadi, Minggu (25/9), mengatakan peristiwa itu terjadi karena usia pohon waru sudah sangat tua, sehingga ketiga ada angin berembus, dahan pohon tumbang.

“Anginnya kemarin tidak terlalu kencang, biasa saja, tetapi karena pohon waru sudah tua. Tidak korban jiwa hanya menimpa pos pengamanan dengan kerusakan ringan pada atap gentingnya saja,” ucap Ariadi.

BPBD Buleleng pun langsung menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) satu regu ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Proses evakuasi pohon itu diutamakan membersihkan dahan pohon yang menutup akses masuk ke Eks Pelabuhan Buleleng. Sebab pada akhir pekan, kawasan ini menjadi salah satu tempat destinasi dan berekreasi warga perkotaan.

Situasi pun kembali normal setelah dilakukan evakuasi kurang lebih satu jam oleh TRC BPBD dibantu Satpam dan petugas Tourist Information Service (TIS) Pelabuhan Buleleng.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Buleleng I Gede Dody Sukma Oktiva Askara dikonfirmasi terpisah mengatakan pos pengamanan tersebut memang aset Dispar. Sejauh ini digunakan jika ada event-event di Pelabuhan Buleleng. “Setelah kami cek kerusakannya ringan hanya di bagian atapnya saja,   sehingga nanti kami akan upayakan perbaikan,” kata Dody. *k23

Komentar