nusabali

Maksimalkan Mental Atlet, KONI Buleleng Gelar Tes Psikologis

  • www.nusabali.com-maksimalkan-mental-atlet-koni-buleleng-gelar-tes-psikologis

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 484 atlet Buleleng menjalani tes psikologi, di Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja, Minggu (25/9) pagi.

Tes tersebut sebagai rangkaian terakhir yang dilaksanakan KONI Buleleng untuk mematangkan persiapan atlet berlaga di ajang Porprov Bali 2022 pada November ini.

Wakil Ketua II KONI Buleleng Dr dr Made Budiawan SKed MKes, mengatakan, tes psikologi dilaksanakan KONI Buleleng untuk mematangkan kesiapan atlet. Menurutnya dalam menghadapi pertandingan atlet tidak hanya kuat fisik, tetapi kuat secara mental.

“Tes psikologi yang pertama kami lakukan, sebagai komitmen KONI Buleleng menciptakan atlet berprestasi. Dalam piramida prestasi atlet itu terdiri dari fisik, keterampilan dan teknik, taktik dan strategi terakhir adalah mental,” kata Budiawan.

Hasil tes ini diharapkan nanti dapat memberikan masukan kepada pelatih masing-masing cabang olahraga, memberikan treatment dan pendampingan. Terutama dalam hal motivasi atlet, saat atlet sedang tertekan, dan saat mengambil keputusan singkat.

“Harapan kami sisa waktu dua bulan ini pelatih memiliki bahan lebih lengkap untuk mendampingi dan memberikan pendampingan kepada atletnya sesuai dengan keadaan masing-masing,” kata Waka II KONI yang juga dosen Undiksha Singaraja ini.

Sementara itu Ketua Tim Nice Meilani Asril mengatakan dalam tes yang diukur kecerdasan umum dan mental juara atlet. Tes kecerdasan disebutnya menyangkut kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru. Sedangkan tes mental juara mengungkap motivasi berprestasi, kemampuan menghadapi stress dan tekanan serta kemampuan menerima arahan orang lain dan bekerja sama.

“Untuk atlet perorangan dan regu tesnya berbeda. Nanti tes ini akan di diseminasi kepada pelatih agar lebih paham dinamika atletnya,” ungkap Nice.

Sejauh pelaksanaan tes psikologis atlet Porprov Buleleng, menurutnya, tidak ada kendala. Hanya ada beberapa terkendala sarana tes yang menggunakan laptop atau HP Android. Namun kendala itu diatasi dengan mengganti perangkat untuk mengisi google form. *k23

Komentar