nusabali

Sesumbar NasDem di 'Kandang Banteng'

Target Bikin Satu Fraksi di DPRD Tabanan

  • www.nusabali.com-sesumbar-nasdem-di-kandang-banteng

TABANAN, NusaBali
Partai NasDem sesumbar di Kabupaten Tabanan yang notabene merupakan basis alias ‘Kandang Banteng’ (salah satu kabupaten yang dikuasai PDI Perjuangan) di Provinsi Bali.

Pasalnya, DPD Partai NasDem optimis membentuk satu Fraksi NasDem di DPRD Tabanan pada Pemilu 2024. Hal itu terungkap dalam rapat konsolidasi pengurus kecamatan di Kantor DPD Nasdem Tabanan, Jalan By Pass Ir Soekarno, Banjar Gerokgak Gede, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan pada Sabtu (23/9). Rapat dipimpin Ketua DPD NasDem Tabanan, Ida Bagus Widi didampingi Sekretaris DPD NasDem, I Gusti Ngurah Sanjaya, Bendahara NasDem I Gede Sudiarta dan Wakil Bidang Perempuan dan Anak sekaligus Ketua Garnita DPW NasDem Bali.

Informasi yang dihimpun NusaBali, sesumbar NasDem yang ingin membentuk satu fraksi di DPRD Tabanan ini modalnya hanya menggenjot konsolidasi mulai Oktober mendatang. Dalam konsolidasi ini diharapkan bisa memberikan keyakinan masyarakat gabung ke NasDem, untuk membuat perubahan, khususnya membangun Tabanan. NasDem pun menarget setiap dapil melahirkan satu kursi.

Dalam rapat tersebut juga diisi sesi seluruh DPC NasDem Kecamatan menyampaikan keluhan di lapangan, terutama terkait persiapan Pemilu 2024. Rata-rata yang disampaikan sulitnya merekrutmen orang untuk membentuk struktur. Masyarakat yang disasar untuk menjadi pengurus sebagian besar mengatakan takut.

Ketua DPD NasDem Tabanan Gus Widi mengatakan penguatan soliditas kader digenjot walaupun ada kesulitan. "Rapat dengan pengurus kecamatan yang kami lakukan dalam persiapan konsolidasi, dalam rangka pemenangan Pemilu 2024," ujar Gus Widi usai kegiatan.

Menurutnya konsolidasi ini akan dilakukan mulai Oktober 2022 mendatang di seluruh kecamatan. Tujuanya untuk menguatkan struktur partai, dari desa hingga kecamatan. "Kami harap dalam konsolidasi ini kader mengajak atau mengundang para tokoh ikut bergabung di NasDem," katanya.

Gus Widi mengatakan, dalam Pileg 2024, NasDem membuka diri kepada masyarakat. Kata dia, siapa pun yang ingin mencalonkan diri dipersilakan. "Jadi kita optimis untuk membentuk satu fraksi. Sehingga kami getol dalam konsolidasi ini," ujar Gus Widi.

Dia pun meminta kepada seluruh kader mengedepankan kerjasama dan koordinasi. Meskipun diakui sekarang dalam rektrutmen struktur partai NasDem sendiri kesulitan dapat kader. "Tapi kita jangan patah semangat, intinya koordinasi dan kerjasama," tandas politisi asal Desa Tua, Kecamatan Marga ini.

Sementara itu Sekretaris DPD NasDem Tabanan I Gusti Ngurah Sanjaya menegaskan, dalam konsolidasi kemarin meminta kader  koordinasi dan kerjasama yang efektif. "Kami inginkan dan berharap dalam persiapan ini tidak hanya induk saja bekerja tetapi merata," ujarnya.

Tak hanya itu, kata Sanjaya, dalam persiapan Pemilu 2024 untuk meyakinkan masyarakat, seluruh kader dan pengurus juga harus menyampaikan gagasan membangun Tabanan. "Jadi pada intinya kalau masyarakat ingin berubah, ayo lah, karena kedaulatan itu ada di tangan rakyat," tandas politisi asal Kecamatan Penebel Tabanan ini.

Hasil Pileg 2019,  NasDem berhasil merebut 3 kursi DPRD Tabanan dari 40 kursi yang tersedia. Kader NasDem yang berhasil lolos adalah Ida Ayu Ketut Candrawati dari dapil Kediri-Marga, I Gusti Ngurah Sanjaya dari dapil Baturiti-Penebel, dan I Gede Sudiarta dapil Tabanan-Kerambitan. *des

Komentar