nusabali

Dukung IKM Tabanan, Rai Wahyuni Hadiri Pameran Kriyanusa di Jakarta

  • www.nusabali.com-dukung-ikm-tabanan-rai-wahyuni-hadiri-pameran-kriyanusa-di-jakarta

JAKARTA, NusaBali
Ketua Deskranasda Kabupaten Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya hadiri pameran Kriyanusa dan Fashion Show Deskranasda Provinsi Bali di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran yang berlangsung selama lima hari, 21-25 September berlangsung semarak. Untuk Tabanan yang menjadi perwakilan adalah kerajinan logam Warna Warni.  Kehadiran Rai Wahyuni Sanjaya itu sebagai bentuk dukungan kepada IKM Tabanan. Sebab ajang nasional ini digelar sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar kriya Indonesia.

"Saya berharap pameran ini menjadi peluang bagi IKM, khususnya IKM Kabupaten Tabanan untuk bangkit," kata Wahyuni Sanjaya, Sabtu (24/9).

Bahkan dia pun menegaskan kehadiran IKM Tabanan untuk ikut di ajang nasional, sebagai upaya memperkenalkan produk asli Tabanan yang dibuat oleh masyarakat Tabanan. "Perwakilan ke Jakarta ini adalah produk unggulan Tabanan kita. Saya berharap ini akan menjadi peluang memperluas pasar," harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Wury Ma’ruf Amin mengungkapkan pameran Kriyanusa 2022 menjadi perwujudan nyata bahwa produk kriya dalam negeri masih mampu bangkit dan eksis. Istri Wakil Presiden ini juga optimistis, pameran ini bisa menjadi ruang strategis dalam mempromosikan produk-produk kriya dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada Kesempatan yang sama, Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian mengatakan, kegiatan pameran ini merupakan wujud nyata pengembangan usaha kriya sekaligus melestarikan budaya seluruh Indonesia. Setidaknya ada 147 peserta pameran yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu ada juga 13 stand dari kementerian, 15 stand dari asosiasi yayasan, 13 stand sponsor, dan 13 stand dari peserta mandiri.

Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara 2022 dibuka secara resmi oleh Pembina Dekranas, Iriana Jokowi, Kamis (22/9). Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Wakil Ketua Harian I Dekranas Loemongga Agus Gumiwang dan jajaran pengurus Dekranas lainnya.

Sementara untuk Bali dalam ajang tersebut tanggal 22 September 2022 Dekranasda Provinsi Bali ikut memeriahkan dengan menampilkan rancangan busana dari empat desainer dengan menggunakan kain tenun tradisional Bali yakni Body and Mind, Taksu Bali, Ipong dan Lusi Damai. *des

Komentar