nusabali

Rekrutmen Panwascam Sepi Peminat

Baru Kecamatan Bangli Penuhi Jumlah Minimal Pelamar

  • www.nusabali.com-rekrutmen-panwascam-sepi-peminat

BANGLI, NusaBali
Pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Bangli yang sudah dimulai Rabu (21/9) lalu, sepi peminat.

Hingga hari ketiga pendaftaran calon, Jumat (23/9), sebanyak 15 orang telah mendaftarkan diri. Sayangnya, para pelamar hanya menyerbu Kecamatan Bangli, sehingga menjadi kecamatan yang pertama memenuhi jumlah minimal pelamar.

Ketua Bawaslu Bangli I Nengah Purna mengatakan, pendaftaran berlangsung 21-27 September. Para pelamar mengirimkan dokumen pendaftaran secara online. "Sebelumnya kami telah mengumumkan kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi oleh masing-masing pelamar," ujar Purna, Jumat (23/9) siang.

Hingga Jumat siang kemarin, tercatat ada 15 orang pendaftar tersebar di 4 kecamatan. Masing-masing di Kecamatan Bangli 7 orang, Kecamatan Kintamani 3 orang, Kecamatan Tembuku 1 orang dan Kecamatan Susut ada 4 orang. “Baru di Kecamatan Bangli yang memenuhi jumlah minimal pelamar calon Anggota Panwascam,” ujar Purna.

Ditanya terkait keterlibatan pelamar perempuan, Ketua Bawaslu asal Desa Pengotan Kecamatan Bangli ini menyebutkan, panitia seleksi menetapkan 30 persen keterwakilan perempuan. Kata dia, berdasarkan data pendaftar saat ini, peserta perempuan baru 4 orang. Dari 4 orang perempuan tersebut, sebanyak 3 orang mendaftar di Kecamatan Bangli dan 1 orang di Kecamatan Susut. "Kami harus optimis, berusaha semaksimal agar ada pendaftar perempuan minimal 30 persen, bahkan kalau bisa lebih banyak lagi," ungkapnya.

Menurut Purna, jika hingga pendaftaran ditutup, jumlah minimal pelamar belum terpenuhi, maka akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran. Perpanjangan pendaftaran diagendakan 2-8 Oktober mendatang. "Dalam perpanjangan waktu tersebut dibarengi dengan penyetoran dokumen fisik dari peserta. Kemudian proses dilanjutkan dengan penelitian dokumen dari pendaftar anggota Panwascam," sambung Purna. *esa.

Komentar