nusabali

Ariyani Dorong Keterwakilan Perempuan

Rekrutmen Anggota Panwascam Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-ariyani-dorong-keterwakilan-perempuan

SINGARAJA,NusaBali
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali Ketut Ariyani mendorong keterlibatan perempuan dalam seleksi calon Anggota Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) untuk Pemilu 2024.

Kata Ariyani, keterwakilan perempuan dalam lembaga pengawas ad hoc tersebut harus di kawal dengan gencarkan sosialisasi. Ariyani menegaskan, keterwakilan perempuan harus ada di setiap Kecamatan. "Saya harap hingga hari terakhir pendaftaran Panwascam, di setiap kecamatan ada keterwakilan perempuan yang melamar, untuk itu Bawaslu Buleleng harus terus secara berkelanjutan lakukan sosialisasi rekrutmen,” ujar Ariyani dalam rapat persiapan rekrutmen Panwascam di ruang rapat Bawaslu Kabupaten Buleleng, Jumat (23/9) siang.

Rapat Bawaslu Buleleng kemarin, dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng Putu Sugi Ardana,  Anggota Bawaslu Buleleng I Wayan Sudira, Tri Prasetya, I Kadek Carna Wirata, Ni Nyoman Trisna Widyastini. Selain itu, hadir juga Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng I Wayan Duala Arsayasa serta Panitia Kerja (Pokja) rekrutmen Panwascam Bawaslu Buleleng.

Ariyani menambahkan, bahwa dalam rekrutmen Panwascam dukungan pemerintah kabupaten sangat penting. Terutama dalam fasilitasi SDM (sumber daya manusia) Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tenaga kesekretariatan, di masing-masing kecamatan. Termasuk juga fasilitasi sarana prasarana dalam hal proses rekrutmen.

"Dalam proses rekrutmen, tesnya akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang materi soalnya dari Bawaslu RI. Untuk itu kami harap dapat difasilitasi oleh pemerintah. Selain itu untuk BPKSDM kami mohon dukungan tenaga ASN yang nantinya ditugaskan di Sekretariat Panwascam yang jumlahnya sebanyak 3 orang ASN,” ujar mantan Ketua Panwaslu Buleleng ini.

Atas permintaan Bawaslu Bali, Sekretaris BKPSDM Wayan Duala mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dan pemetaan tenaga ASN yang ada di kecamatan. “Pemerintah Buleleng akan berupaya maksimal dalam memberikan dukungan demi kelancaran Pemilu Serentak Tahun 2024,” tegas Duala.

"Merupakan suatu kewajiban bagi pemerintah memberikan fasilitasi untuk Bawaslu dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai tupoksinya, untuk proses pembentukkan kesekretariatan akan dilakukan secara maksima,” tambah Duala, didampingi Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan promosi BPKSDM I Gede Arya Rimbawa Giri.

Sementara, Ketua Bawaslu Buleleng Putu Sugi Ardana berharap proses rekrutmen Panwascam dapat memenuhi kebutuhan pelamar di setiap kecamatan. Termasuk keterwakilan perempuan di masing-masing kecamatan.

Pendaftaran calon Anggota Panwascam dibuka sejak 21- 27 September 2022 mendatang. Setelah proses penerimaan berkas selesai, Sugi Ardana menjelaskan akan dilaksanakan tes tertulis melalui CAT, dilanjutkan dengan tes wawancara. Tes tertulisnya akan dilaksanakan di Gedung SMK Negeri 2 Singaraja.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Buleleng untuk dukungan fasilitasi, sarana prasarana rekrutmen Panwascam dan juga fasilitasi tenaga ASN untuk kesekretariatan,” tutup Sugi Ardana.*nat

Komentar