nusabali

Desa Adat Duda Gelar Usaba Kapat Pada Purnama Kapat

  • www.nusabali.com-desa-adat-duda-gelar-usaba-kapat-pada-purnama-kapat

AMLAPURA, NusaBali
Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem menggelar upacara Usaba Kapat di Pura Puseh Desa Adat Duda pada Purnama Kapat, Soma Wage Dukut, Senin (10/10) mendatang.

Rangkaian usaba diawali dengan melasti, dua kali upacara pamiyosan, dan dua kali pangerejangan. Bendesa Adat Duda I Komang Sujana menjelaskan, krama Desa Adat Duda yang terlibat Usaba Kapat berasal dari 27 banjar adat.

Komang Sujana mengatakan, keputusan paruman, melasti tahun ini Ida Bhatara kairing naik kendaraan. Biasanya melasti jalan kaki dari Pura Puseh menuju Pantai Banjar Buitan sejauh 7,5 kilometer menuruni Bukit Putung. Perjalanan kembali dari Pantai Buitan menuju Pura Puseh sepenuhnya melintasi jalan tanjakan. “Setiap upacara pamiyosan ditandai Ida Bhatara katuran masucian di Beji Solas di tepi Tukad Batah atau sekitar 1 kilometer dari Pura Puseh,” jelas Komang Sujana, Jumat (23/9).

Setiap pamiyosan diawali dengan nedunang Ida Bhatara Kabeh dengan palinggih 37 pralingga dan pratima. Iring-iringan umat mundut pralingga dan pratima Ida Bhatara menuju Beji Solas, selanjutnya Ida Bhatara kembali katuran upacara masucian pralingga dan pratima. Usai prosesi, seluruh pralingga dan pratima Ida Bhatara kembali diusung krama pangempon menuju banjar masing-masing. *k16

Komentar