nusabali

Hasto Larang Kader 'Dansa' Politik

Urusan Capres-Cawapres di Tangan Megawati

  • www.nusabali.com-hasto-larang-kader-dansa-politik

‘Akan kami kawal dengan sebaik-baiknya arahan Ibu Ketua Umum. Termasuk urusan capres-cawapres’

JAKARTA,NusaBali

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto ingatkan kader fokus dengan kerja-kerja partai, ketimbang membahas capres-cawapres 2024. Hasto mengingatkan agar kader PDIP agar tidak melakukan ‘dansa-dansa’ politik yang tidak perlu.

“Ibu Megawati (Ketua Umum DPP PDIP) menegaskan, ya urusan capres dan cawapres, ya semua sabar saja. Ada waktunya nanti untuk diumumkan,” kata Hasto melalui keterangan tertulisnya usai acara konsolidasi dengan kepala daerah PDIP, di Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (22/9).

Hasto seperti menertibkan adanya hiruk pikuk di internal partai pemenang Pemilu Nasional 2014 dan 2019 tersebut. Sebab belakangan banyak kader PDIP yang muncul digadang-gadang maju Capres 2024. Salah satunya kader senior PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar seperti berkompetisi dengan Srikandi PDIP sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani. Bahkan, saking kuatnya dukungan buat Puan, beberapa anggota Fraksi PDIP diisukan membentuk ‘Dewan Kolonel’ yang mencerminkan para loyalis putri Ketum PDIP Megawati itu.  

Meski sejumlah nama muncul sebagai capres, menurut Hasto, PDIP belum menentukan jagonya. Ketua Umum Megawati Soekarnoputri juga sudah ingatkan agar semua kader bersabar terkait capres-cawapres yang diusung partai tersebut di Pemilu 2024.

Para kader diminta terus melakukan konsolidasi. Sebab Tiga Pilar Partai (Struktural, Legislatif dan Eksekutif) harus terus menerus berada di tengah rakyat dan tidak perlu ikut ‘dansa-dansa’ politik. “Karena kerja bersama di dalam mengatasi situasi yang memang penuh tantangan saat ini adalah jauh lebih penting. Sekaligus menciptakan segala hal yang kondusif,” ujar politisi asal Yogyakarta ini. “Dan yang terpenting adalah ekonomi rakyat ini yang terus kita pacu,” imbuh Hasto.

Sedangkan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun menegaskan, akan menegakkan disiplin partai terhadap para kader yang arogan dan melanggar kebijakan partai terkait capres dan cawapres. Apalagi yang sampai ‘dansa’ politik di internal.

"Arahan Ibu Ketua Umum agar seluruh kader partai lebih mengedepankan kerja kerakyatan. Akan kami kawal dengan sebaik-baiknya arahan Ibu Ketua Umum. Termasuk urusan capres-cawapres, tunggu keputusan Ibu Ketua Umum. Hal ini sesuai dengan tradisi demokrasi partai yang telah berhasil melahirkan kepemimpinan Pak Jokowi dan kader-kader di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota yang berprestasi," ucap Komarudin. *K22

Komentar