nusabali

Puluhan Siswa Gagal Mengikuti ANBK

ANBK di Karangasem diikuti 51 SMP dan MTs dengan peserta 2.024 siswa

  • www.nusabali.com-puluhan-siswa-gagal-mengikuti-anbk

ANBK di Karangasem diikuti 51 SMP dan MTs dengan peserta 2.024 siswa.

AMLAPURA, NusaBali
Puluhan siswa SMP di Karangasem gagal mengikuti Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang I dari tanggal
19-20 September dan gelombang II tanggal 21-22 September.

Kelanjutan ANBK menunggu jadwal susulan. Puluhan siswa gagal mengikuti ANBK karena server error. Kabid SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana seizin Kadisdikpora I Wayan Sutrisna menjelaskan, siswa mengalami kendala saat login. Blank di 7 dari 20 server online Kemendibudristek dan Teknologi. Penyebabnya, karena tingginya trafic rps (request per second). Server error di SMPN 4 Abang dialami 4 siswa, di SMPN 2 Sidemen sebanyak 3 siswa, dan SMPN 1 Bebandem sebanyak 2 siswa. “Hampir di semua sekolah ada error, rata-rata dialami 1-4 siswa,” jelas mantan Sekcam Karangasem ini.

ANBK di Karangasem diikuti 51 SMP dan MTs dengan 2.024 siswa ditambah SMPN Satu Atap dan paket B setara SMP sebanyak 9 lembaga diikuti 100 siswa. I Gusti Bagus Jaya Arsana mengatakan, saat simulasi dan sinkronisasi data tanpa hambatan. ANBK bertujuan untuk tes literasi survei membaca. Tahap berikutnya dilanjutkan dengan literasi numerasi, literasi karakter, dan literasi survei lingkungan.

Kasek SMPN 1 Bebandem Ni Wayan Parwati mengakui ada 2 siswa yang mengalami error saat mengikuti ANBK. “Sinyalnya kurang bagus karena tempat duduk beda-beda,” jelas Wayan Parwati. Memang ada ANBK susulan, tetapi jadwalnya belum ditentukan. Sedangkan ANBK hari kedua, Selasa (20/9) sebanyak 45 siswa di SMPN 2 Sidemen mengalami gangguan karena server error. “Beberapa kali siswa berupaya melakukan login dibantu petugas proktor, akhirnya bisa mengerjakan ANBK sampai selesai,” ungkap Wakasek Kurikulum Nyoman Sri Darmayanti. *k16

Komentar