nusabali

Denpasar Prioritaskan Para Pengangguran

  • www.nusabali.com-denpasar-prioritaskan-para-pengangguran

DENPASAR, NusaBali
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten/Kota yang mulai melaksanakan rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024, menerapkan berbagai strategi untuk menarik pelamar.

Seperti Bawaslu Kota Denpasar, memberikan prioritas pelamar yang terdampak Pandemi Covid-2019, serta belum memiliki pekerjaan tetap alias pengangguran.

Ketua Bawaslu Kota Denpasar, Putu Arnata alias Zipo saat ditemui NusaBali di Denpasar, Rabu (21/9) mengatakan, pendaftaran calon Panwascam Pemilu 2024 dibuka mulai 21-27 September 2022. “Berkas pendaftaran dapat dikirim online ke alamat email [email protected], atau bisa dibawa langsung ke Kantor Bawaslu Kota Denpasar, Jalan Melati Nomor 18, Kelurahan Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara,” ujar Zipo.

Dijelaskan Zipo, persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pendaftar Panwascam setidak-tidaknya berusia paling rendah 25 tahun. “Diprioritaskan bagi masyarakat yang terdampak pandemi atau yang belum bekerja. Artinya kami mendorong yang belum punya pekerjaan agar ikut melamar,” ujar mantan jurnalis ini.

Selain persyaratan umum, menurut Zipo, calon pendaftar tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar.

“Tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD dan DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun,” jelasnya.

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendaftar sebagai calon anggota Panwascam di 4 kecamatan di Kota Denpasar. Tanpa masyarakat pengawasan Pemilu tidak akan maksimal,” imbuh Zipo.

Sementara Bawaslu Kabupaten Gianyar juga membuka pendaftaran calon Panwascam. Ketua Bawaslu Gianyar, I Wayan Hartawan mengatakan, tahapan Pemilu Serentak 2024 sudah berlangsung. Untuk menyongsong Pemilu Serentak 2024, berbagai tahapan telah dipersiapkan termasuk calon anggota Panwaslu Kecamatan. "Pembukaan pendaftaran dimulai Rabu (21/9) dan ditutup Selasa (27/9) mendatang," kata Hartawan.
 
Menurut Hartawan,  di Gianyar terdapat 7 kecamatan. Masing-masing kecamatan akan merekrut 3 orang Anggota Panwascam. “Sehingga total Panwascam yang dibutuhkan di Kabupaten Gianyar sebanyak 21 orang,” ujar Hartawan.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani menyampaikan, dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, diperlukan  dukungan dari semua pihak. Bawaslu Bali juga mendorong kaum perempuan berpartisipasi dalam pengisian personil Panwascam. "Kami perlu partisipasi perempuan dalam kegiatan demokrasi ini," ujar mantan Ketua Panwaslu Buleleng ini. *mis,nvi

Komentar