nusabali

Jelang KTT G20, Hunian Hotel di Karangasem Naik 15%

  • www.nusabali.com-jelang-ktt-g20-hunian-hotel-di-karangasem-naik-15

AMLAPURA, NusaBali
Jelang KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G20 yang digelar di Nusa Dua, Badung berpengaruh pada hunian hotel di Karangasem.

Kenaikan hunian hotel kisaran 15 persen. Meski terjadi kenaikan, namun belum signifikan. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karangasem I Wayan Kariasa mengatakan, hunian normal sebelum Covid-19 sekitar 65-75 persen.

Wayan Kariasa berharap dengan adanya KTT G20 berdampak langsung terhadap industri pariwisata di Karangasem. “Sementara hanya ada agenda fieltrip (kunjungan ke objek wisata), belum ada yang rencananya menginap,” ungkap Wayan Kariasa saat ditemui di Hotel Ashyana Candidasa, Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Rabu (21/9). Ada wacana, kegiatan MICE (meeting incentive convention exhibition) dengan 150 orang digelar di Objek Wisata Candidasa. Dengan acara itu, otomatis ada delegasi beserta rombongannya menginap di Karangasem.

Menurut Wayan Kariasa, hunian Juli-September sekitar 45-50 persen, masih jauh dibandingkan sebelum Covid-19 yakni Juli-September 2019 dengan hunian 65-75 persen. Mesti demikian, dengan hunian 45-50 persen setidaknya mampu menutupi biaya operasional seperti bayar listrik, telepon, air, dan gaji karyawan. Terpisah, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem I Wayan Astika mengatakan, agenda sementara ada agenda delegasi dari KTT G20 untuk berwisata ke sejumlah objek wisata di Karangasem, namun belum ada rencana menginap.

Sebelumnya, delegasi Pendidikan dan Kebudayaan G20 melakukan kunjungan awal ke Objek Wisata Living Museum Samsara, Banjar Yeh Bung, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Sabtu (3/9). Sebanyak 17 delegasi yang datang diantar pihak Kemendikbudristek dan Teknologi beranggotakan 15 orang. Dari 17 delegasi, masing-masing Afrika sebanyak 7 delegasi, Arah Saudi sebanyak 3 delegasi, Brasil sebanyak 3 delegasi, dan Amerika sebanyak 4 delegasi.

Kunjungan yang direncanakan ke Karangasem yakni Objek Wisata Pura Sad Kahyangan Lempuyang, Taman Sukasada Ujung, Puri Karangasem, Pura Besakih, dan Desa Adat Tenganan Pagringsingan. Ketua Pengelola Objek Wisata Desa Tenganan Pagringsingan Putu Wiadnyana dan Bendesa Adat Tenganan Pagringsingan Putu Suarjana mengaku belum dapat pemberitahuan adanya rencana delegasi G20 berkunjung ke Objek Wisata Desa Tenganan Pagringsingan. *k16

Komentar