nusabali

Dekranasda Denpasar Siap Bersinergi Wujudkan Perajin Berdaya Saing

Ayu Kristi Arya Wibawa Ikuti Rakernas Dekranas 2022

  • www.nusabali.com-dekranasda-denpasar-siap-bersinergi-wujudkan-perajin-berdaya-saing

DENPASAR, NusaBali
Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa mengikuti Rapat Kerja Nasional Dekranas 2022 yang digelar secara daring dari Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar Utara, Selasa (20/9).

Rakernas dipimpin Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin. Wury mengatakan, tema ‘Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing’ menunjukkan semangat para perajin terus berkarya. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saingnya di saat Covid-19.

Menurut Wury, Rakernas ini guna menyusun program kerja yang akan dijadikan pedoman, sehingga menjadi panduan bagi dekranasda di seluruh Indonesia selama satu tahun ke depan.

“Penyusunan program kerja ini sangat penting khususnya jika dikaitkan dengan tujuan dekranasda yang sangat mulia, di antaranya menggali, melestarikan, dan mengembalikan warisan budaya bangsa,” ujarnya.

Dia berharap, perajin secara berkelanjutan terus meningkatkan kualitas produk kerajinan dan perajin dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan perjuangan kepentingan perajin dan mendorong semangat kewirausahaan serta mempromosikan produk kerajinan dalam rangka perluasan pasar-pasar dalam negeri dan luar negeri.

Wury mengakui bahwa kearifan lokal di masing-masing daerah menjadi  kekuatan industri kerajinan yang tidak dimiliki negara lain. Pun demikian, tantangan yang dihadapi para perajin terutama di masa pandemi, di antaranya keterbatasan permodalan, kurangnya akses pasar, dan minimnya regenerasi sumber daya manusia perajin yang andal. Terlebih pasar impor yang membanjiri Indonesia.

“Kondisi ini perlu dicarikan solusinya dan dicarikan terobosan dan ide kreatif yang meningkatkan daya saing. Dengan demikian perajin bisa berjaya di negeri sendiri dan bahkan bisa bersaing di pasar global,” tegasnya

Ayu Kristi Arya Wibawa mengatakan, Dekranasda Kota Denpasar selalu berpedoman pada program kerja yang mengutamakan menggali, melestarikan, dan mengembalikan warisan budaya bangsa. Serta meningkatkan kualitas produk kerajinan dan perajin dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa dan kearifan lokal di Kota Denpasar.

Pada tahun 2022 ini, Dekranasda Kota Denpasar telah melaksanakan berbagai kegiatan yang sesuai dengan program yang dibentuk. Di antaranya pelatihan desain fashion bagi pemula, pelatihan desain fashion, pameran gema tridatu, sosialisasi program dagang dan misi dagang, pelatihan perca endek, pemilihan Duta Kota Denpasar, lomba IKM, monitoring dan evaluasi ke perajin, dan masih banyak lagi kegiatan yang belum terselenggara.

“Untuk program kerja tahun 2023 sudah dipersiapkan tinggal menunggu waktu pelaksanaan rapat kerja. Kami siap bersinergi mewujudkan ‘Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing’,” tandas Ayu Kristy Arya Wibawa. *mis

Komentar