nusabali

Bupati Harapkan Desa Galakkan Program Ketahanan Pangan

  • www.nusabali.com-bupati-harapkan-desa-galakkan-program-ketahanan-pangan

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta harapkan 46 desa dan 16 kelurahan yang ada di Badung bisa menggalakkan program ketahanan pangan.

Salah satunya dengan Urban Farming, yaitu memanfaatkan ruang terbuka non produktif menjadi lahan hijau untuk menghasilkan produk pertanian/peternakan. Harapan tersebut disampaikan Bupati Giri Prasta saat menghadiri panen raya dalam rangka penguatan ketahanan pangan Desa Sibanggede, Kecamatan Abiansemal di Wantilan Pura Dalem Srijati, Selasa (20/9). “Potensi ini harus kita gerakkan bersama, karena di Badung prioritasnya adalah pertama pariwisata, yang kedua pertanian dan perkebunan, ini harus jalan bersama,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta mengatakan, program ketahanan pangan merupakan program yang mulia sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Terlebih saat ini di beberapa negara sudah ada yang mengalami kolaps akibat terjadinya krisis keuangan, krisis pangan, dan krisis energi. “Kita sudah diberikan signal terhadap persoalan-persoalan global, dan saya memberikan apresiasi kepada bapak ibu yang ada di Sibanggede yang telah meresponnya dalam program ketahanan pangan di desa secara gotong royong,” kata bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini.

Lebih lanjut dikatakan, istilah gotong royong yang dicetuskan oleh The Founding Father Republik Indonesia yaitu Presiden Soekarno merupakan budaya kerja bersama yang hanya ada di Indonesia. Tujuannya untuk mewujudkan program yang baik dan bermanfaat secara kolektif demi kepentingan bersama. “Kodim 1611/Badung dan Polres Badung juga sudah bergerak secara gotong royong untuk menindaklanjuti program air minum dan ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Abiansemal. Maka sesuai arahan Bapak Presiden, pemerintah daerah mulai Gubernur, Bupati, Walikota, Camat, Perbekel, Lurah sampai tingkat Kelian Banjar Adat/Dinas harus kerja sama untuk masyarakat,” kata Bupati Giri Prasta.

Sementara itu Perbekel Sibanggede Wayan Darmika, mengatakan program ketahanan pangan Desa Sibanggede bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan pangan produksi masyarakat dan lumbung pangan yang ada di desa. “Program ketahanan pangan ini menjadi salah satu skala prioritas desa, sekaligus untuk mengurangi pengangguran yang ada di Desa Sibanggede akibat dampak Covid-19,” katanya. *asa, ind

Komentar