nusabali

Kapolsek Sukawati Pimpin Pengamanan Palebon Puri Batubulan

  • www.nusabali.com-kapolsek-sukawati-pimpin-pengamanan-palebon-puri-batubulan

GIANYAR, NusaBali
Kapolsek Sukawati Kompol Decky Hendra Wijaya memimpin langsung pengamanan Palebon Panglingsir yang putra terakhir Raja Batubulan, Cokorda Raka,86, Soma Pon Ugu, Senin (19/9).

Polsek Sukawati melibatkan personel  gabungan piket fungsi dan diback up personel Polres Gianyar.  Kompol Decky Hendra Wijaya mengatakan polisi telah mengimbuan seminggu sebelumnya terhadap pengalihan arus lalu lintas di jalan raya Batubulan. Dengan harapan,  akan minim kendaraan melintas pada puncak palebon. Rekayasa lalu lintas pun sudah dilakukan di beberapa titik simpang di jalan tersebut.

"Saat Bade bergerak mendapatkan prioritas penuh dari petugas sehingga Bade serta Lembu dan perangkat upacara lainya lancar menuju Setra," jelasnya. Personel polisi juga mengkondisikan masyarakat yang antusias menonton maupun mengiringi prosesi.

"Warga yang menonton sangat ramai. Namun, sudah dikondisikan petugas sehingga tidak menganggu jalannya prosesi upacara Palebon," ungkap Kapolsek.

Seperti diketahui, palebon tersebut menggunakan Bade tumpang 9 berukuran tinggi 18 meter dan bentang sanan 8 meter persegi. Bade diarak menuju Setra Pura Dalem Puri Batubulan, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Bade yang dihiasi 5 pepalihan ini telah ditempatkan di jaba puri, tepatnya di Jalan Raya Batubulan sebelah utara Kantor Desa Batubulan.

Cokorda Gde Putra selaku putra sulung almarhum saat ditemui, Minggu (18/9), menjelaskan Cokorda Raka meninggal dunia pada 7 Agustus 2022. Menghembuskan napas terakhir pada usia 86 tahun di kediamannya Puri Batubulan. Mendiang meninggalkan seorang istri, Cokorda Istri Oka yang merupakan kakak kandung Cokorda Raka Kerthyasa alias Cok Ibah, 3 putra dan 2 putri. *nvi

Komentar