nusabali

Disperindag Usulkan Anggaran Pasar Tematik di Kintamani

  • www.nusabali.com-disperindag-usulkan-anggaran-pasar-tematik-di-kintamani

BANGLI, NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli mengajukan anggaran Rp 75 miliar ke Kementerian Perdagangan untuk pembangunan pasar tematik wisata di Kecamatan Kintamani.

Kementerian Perdagangan sudah meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat pengembangan pasar tematik di Pasar Singamandawa, Kintamani. Pembangunan pasar tematik wisata untuk meningkatkan sarana penampungan hasil bumi dan produk UMKM lokal dan pariwisata.

Kabid Perdagangan Disperindag Bangli, Anak Agung Ayu Ira Diah Sunariani saat dikonfirmasi mengaku mengajukan anggaran melalui program dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 75 miliar. “Pengajuan usulan melalui aplikasi Krisna. Dokumen yang diajukan dikaji oleh pusat melalui zoom dan turun langsung cek lokasi,” ungkap Agung Ayu Ira, Minggu (18/9). Pasca cek lokasi, Disperindag Bangli masih menunggu petunjuk pusat via zoom.

Pasar tematik akan dibangun di Pasar Singamandawa sehingga menjadi tujuan wisata. Pemilihan Pasar Singamandawa untuk pembangunan pasar tematik wisata karena kawasan Kintamani merupakan pionir pariwisata Bangli. Didukung panorama alam yakni gunung dan Danau Batur menjadikan kawasan ini sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung. “Saat ini sedang berlangsung pembangunan ruko di depan pasar. Lokasi pasar tematik ada di bawah yang sebelumnya adalah kios dan los pedagang,” jelas Agung Ayu Ira. *esa

Komentar