nusabali

Ratusan Layang-layang Meriahkan Yowana Nawasena Kite Fest

  • www.nusabali.com-ratusan-layang-layang-meriahkan-yowana-nawasena-kite-fest

NEGARA, NusaBali
Sekaa Teruna (ST) Yowana Nawasena, Banjar Pangkung Liplip, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, menggelar Lomba Layang-layang di areal persawahan Subak Benel, Desa Kaliakah, Minggu (18/9).

Meski baru dilaksanakan pertamakali, lomba bertajuk Yowana Nawasena Kite Fest #1 ini mendapat sambutan antusias warga. Ada sekitar 230 layang-layang yang diterbangkan dalam lomba ini. Yowana Nawasena Kite Fest #1 dibuka langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang notabene warga Desa Kaliakah. Dalam pembukaan lomba tersebut, ditandai penerbangan layang-layang oleh Bupati Tamba bersama sejumlah para tamu undangan.

Usai membuka lomba tersebut, Bupati Tamba mengatakan, sangat menyambut antusias perlombaan layang-layang ini. Menurutnya, perlombaan layang-layang sudah menjadi atraksi kebudayaan yang digemari semua kalangan. "Kegiatan lomba layang-layang sebagai salah satu atraksi budaya belakangan ini semarak sekali dilaksanakan. Tidak hanya anak muda, bahkan generasi yang sudah dewasa pun juga ikut berpartisipasi," ucap Bupati Tamba.

Terkait pelaksanan ke depan, Bupati Tamba memberi sedikit catatan. Dirinya mengaku bahwa Jembrana telah memiliki sirkuit yang dapat digunakan untuk membuat berbagai kegiatan. Sehingga nantinya kegiatan seperti perlombaan layang-layang juga akan rutin diselenggarakan di sirkuit tersebut.

"Jembrana sebenarnya sudah memiliki Sirkuit All In One di Pengambengan yang dapat digunakan untuk lomba layang-layang, makepung, hingga pacuan kuda. Kemungkinan besar nantinya pemenang lomba layang-layang di tingkat desa akan kita lombakan sekaligus di Sirkuit All In One Pengambengan. Di situ akan memperebutkan juara Bupati," ujar Bupati Tamba.

Secara khusus, Bupati Tamba juga mengapresiasi kepada segenap panitia atas terselenggaranya lomba layang-layang ini. Menurutnya, banyaknya peserta yang berpartisipasi ini juga akan berdampak positif pada peningkatan perekonomian bagi UMKM yang hadir di kegiatan ini. "Saya sangat senang sekali melihat lomba layang-layang ini. Banyak sekali peminatnya. Ada 230 layang-layang. Apabila setiap seka (kelompok) terdiri 20 orang, ini akan ada multiplier effect kepada para pelaku UMKM yang ikut berjualan di sini," ujar Bupati Tamba.

Ketua Panitia Yowana Nawasena Kite Fest #1, I Putu Adita Andriana alias Andre dalam laporannya, mengatakan ada berbagai kategori yang diperlombakan pada lomba layang-layang ini. Di antaranya kategori layangan Bebean, Celepuk, Janggan, Pecuk, Gowangan, hingga kreasi dengan jumlah keseluruhan peserta mencapai 230 layang-layang.

Dalam kesempatan tersebut, Andre pun berterimakasih terhadap kerjasama panitia serta seluruh pihak yang mendukung penyelenggaraan lomba layang-layang ini. "Tidak kalah penting juga terima kasih kepada pihak yang telah menyediakan lahan. Serta terima kasih kepada semua peserta yang juga ikut berpartisipasi," ucapnya.*ode

Komentar