nusabali

Tarif Speed Boat Danau akan Naik

  • www.nusabali.com-tarif-speed-boat-danau-akan-naik

TABANAN, NusaBali
Pengelola usaha wisata Speed Boat (perahu cepat) wisata  di Danau Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, akan menaikkan tarif.

Kenaikan ini pascakenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu. Kini para pengelola masih melihat situasi sebulan ke depan untuk menghitung besaran tarif secara tepat. Rancangan kenaikan tarif ini akan dilakukan hati-hati supaya tidak sampai kehilangan wisatawan.

Saat ini, tarif speed boat yang dikelola Rest Area Mentari diangka Rp 150.000 kapasitas 5 orang. Rencananya usaha yang memanfaatkan Danau Beratan ini akan menaikkan tarif sekitar Rp 25.000 dari harga semula. Namun ini masih akan dilakukan hitung-hitungan kembali agar tarif tak menjadi mahal.

Pengelola Speed Boat Rest Area Mentari, I Komang Mastra mengatakan tarif boat kini masih sama dengan harga BBM sebelum naik. Tarif akan dinaikkan melihat situasi kondisi di lapangan selama sebulan. "Rencana, kami akan menaikkan tarif. Yang namanya pengusaha, tidak mungkin terus-terusan bisa bertahan hanya untuk menutup biaya operasional," katanya, Minggu (18/9).

Menurutnya, tarif dinaikkan harus dengan hitung-hitungan yang benar dan realistis. Jika tarif kemahalan, ditakutkan wisatawan tidak berminat menyewa speed boat. Apalagi dia sendiri sasaran sewanya hanya untuk wisatawan domestik, sementara wisatawan asing lebih banyak menyewa di kawasan Badung. "Paling nanti naik lagi Rp 25.000 atau berapa, jadi masih cek, kalau naik banyak, takutnya wisatawan tidak mau sewa," terangnya.

Dia menambahkan Rest Area Mentari memiliki 10 speed boat. Setiap harinya wisatawan yang menyewa di jumlah 4-5 boat. Jumlah ini sangat menurun drastis dibandingkan sebelum Covid-19 yang sehari bisa sampai 15 boat yang disewa wisatawan. "Sekarang sudah mulai ada yang menyewa, dibandingkan saat Covid-19 sampai tidak dapat. Sekarang kalau hari raya juga sudah mulai ramai," aku Mastra.

Dia menambahkan speed boat sendiri menggunakan BBM jenis pertalite. Saat ini untuk bisa membeli BBM jenis itu harus mencari surat rekomendasi ke perbekel. Rekomendasi diperlukan agar diberikan membeli BBM subsidi tersebut supaya tidak dicurigai menimbun. "Memang agak susah membeli pertalite sekarang, kalau stok pertalite sedikit kadang kita tidak diberikan beli, sehingga terpakai gunakan pertamax," tandas Mastra.*des

Komentar