nusabali

Polsek Selbar dan UPTD Peternakan Kolaborasi Booster PMK

  • www.nusabali.com-polsek-selbar-dan-uptd-peternakan-kolaborasi-booster-pmk

TABANAN, NusaBali
Untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kecamatan Selemadeg Barat Kabupaten Tabanan, Kapolsek Selbar beserta Wakapolsek Selbar Bhabinkamtibmas Desa Lalanglinggah dan Kawil sedesa Lalanglinggah melakukan vaksinasi booster tahap I terhadap ternak hewan sapi di Desa Lalanglinggah, Jumat (16/9).

Kegiatan vaksinasi booster hewan/ternak sapi ini dilakukan bersama dengan Disnak Provinsi Bali, UPTD Puskeswan Kecamatan Selbar, mahasiswa kedokteran hewan Universitas Udayana, Perbekel Desa Lalanglinggah, BPBD dan Kawil se-Desa Lalanglinggah.

"Kegiatan vaksinasi booster tahap I dilaksanakan dalam rangka pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal ini juga  sebagai langkah untuk mendukung presidensi G20 di Nusa dua bulan November 2022 dengan nihil PMK,” ungkap Kapolsek Selemadeg Barat AKP I Ketut Tunas seizin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra. Sampai saat ini diakui wilayah Kecamatan Selbar nihil ditemukan adanya hewan/ternak sapi yang bergejala PMK.

Kapolsek Selbar Petugas Puskeswan Tabanan I Selbar pada kesempatan tersebut memberikan imbauan kepada  pemilik ternak  untuk menjaga serta merawat kebersihan ternak dan kandang sapi serta selalu berkoordinasi dengan Petugas Lapangan UPTD Peternakan dalam melakukan  upaya-upaya pencegahan seperti pemberian obat, suplemen/vitamin.

Ketua Tim Vaksinasi Dayu Parwitani, Kepala UPT Puskeswan III Selemadeg Raya Pupuan dalam kegiatan vaksinasi tersebut mengatakan, "Jumlah ternak/hewan sapi yang ditargetkan untuk vaksinasi booster PMK hewan tahap I sebanyak 800  sapi dari 1.131 ekor. Untuk kelanjutan akan dilaksanakan booster PMK kembali setelah tanggal 19 September 2022," terang Dayu Parwitani. *

Komentar