nusabali

Wabup Suiasa Pimpin Konsolidasi, Maksimalkan Vaksinasi di Kuta Utara

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-pimpin-konsolidasi-maksimalkan-vaksinasi-di-kuta-utara

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Tim Satgas Penanganan Covid-19, mengadakan konsolidasi dan monitoring pelaksanaan vaksinasi booster di Kantor Camat Kuta Utara, Jumat (16/9).

Konsolidasi ini guna memaksimalkan progress vaksinasi booster bagi masyarakat. Konsolidasi diikuti Camat Kuta Utara Putu Eka Permana beserta Tripika Kecamatan, Bendesa Alitan MDA Kecamatan Kuta Utara, Bendesa Adat, Perbekel/Lurah, Ketua BPD dan LPM serta Kaling dan Kelian Dinas se-Kuta Utara.

Dalam arahannya Wabup Suiasa menyampaikan, konsolidasi vaksin booster dilakukan di Kuta Utara, karena melihat data bahwa progressnya semakin meningkat. Per September 2022, masyarakat Kuta Utara yang sudah vaksin booster mencapai 75,57 persen dari target 80 persen. Namun demikian, perlu terus dilakukan konsolidasi dengan seluruh jajaran baik desa, kelurahan, kaling, kelian dinas serta satgas gotong-royong. Termasuk melakukan evaluasi faktor-faktor kendala yang dialami di bawah, terhadap kegiatan vaksin booster ini.

“Kita akan mulai dari melakukan sinkronisasi data. Dari data ini kita buat rumusan, pemetaan langkah-langkah kita yang sistemnya lebih terencana, terukur dan sistemik dengan harapan capaian vaksinasi booster di Badung bisa tercapai sesuai target, bahkan mampu seperti capaian vaksin 1 dan 2 yang melebihi 100 persen,” harap Wabup Suiasa.

Lebih lanjut dikatakan, untuk meningkatkan progress vaksinasi booster di Badung akan dilakukan gerakan bersama dengan memperluas cakupan vaksinasi. Tidak hanya menyasar masyarakat ber-KTP Badung, namun juga melakukan pemetaan terhadap penduduk non permanen serta pekerja pariwisata. “Harapan tidak terjadi stagnan saat melakukan vaksinasi, sehingga dari segi data dan kondisi peta yang dimiliki sudah ada kemajuan pelaksanaannya. Siapapun yang hidup di Badung wajib mendapat vaksin booster,” tambahnya.

Wabup Suiasa juga memastikan, dalam waktu dekat setelah selesai membuat pemetaan, vaksinasi booster akan kembali digelar. Untuk itu diperlukan persiapan terkait tim vaksinator, termasuk menjamin tersedianya vaksin. “Minggu depan rencana kita akan mulai action di Kuta, setelah itu pindah kecamatan lainnya,” katanya.

Kadis Kesehatan Badung dr Made Padma Puspita mengharapkan peran serta semua pihak dan kesadaran masyarakat agar vaksinasi booster ini dapat berjalan dengan baik. Seperti vaksinasi 1 dan 2 yang sebelumnya sukses mencapai 100 persen lebih. Pihaknya bersama tim vaksinator sudah siap turun ke banjar-banjar untuk lebih mendekatkan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Camat Kuta Utara Putu Eka Permana melaporkan, dari data vaksin booster di Kuta Utara per 23 Juli mencapai 58,03 persen. Setelah dilakukan percepatan, dengan dibukanya vaksin massal di masing-masing desa, ada peningkatan prosentase vaksin booster, per 31 Agustus 2022 sudah 75,26 persen. Pihaknya menyambut baik konsolidasi Tim Satgas Covid-19 Badung yang dipimpin Wabup Suiasa, demi tercapainya target 80 persen. “Mudah-mudahan melalui pertemuan ini akan terwujud gerakan untuk menyukseskan vaksinasi booster di Badung,” katanya. *ind

Komentar