nusabali

Get The Fest 2022, Rangkaian Tur dan Konser Musik Berbahan Bakar Minyak Hasil Olahan Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-get-the-fest-2022-rangkaian-tur-dan-konser-musik-berbahan-bakar-minyak-hasil-olahan-sampah-plastik

DENPASAR, NusaBali.com - Krisis iklim menjadi salah satu tantangan global penduduk dunia saat ini dan ke depannya. Menipisnya sumber energi dan meningkatnya produksi sampah plastik menjadi ancaman serius.

Dalam kerangka Sustainable Development Goals (SDGs), isu lingkungan menjadi salah satu aspek yang diperhatikan dalam kesepakatan pembangunan berkelanjutan tersebut. Di tahun 2021 capaian SDGs Indonesia masih belum begitu menggembirakan karena menempati peringkat 82 dari 163 negara, kemudian indikator SDGs 13 yaitu Climate Action juga menunjukkan capaian yang belum maksimal (Sustainable Development Report, 2021). 

Sementara, saat ini Indonesia juga sedang mempersiapkan agenda Presidensi G-20 dengan salah satu isu prioritasnya adalah transisi energi berkelanjutan. Sebagai negara penyelenggara tentunya ini menjadi ajang pembuktian bagi Indonesia untuk merealisasikan penerapan transisi energi berkelanjutan. Pemerintah mengharapkan semua pihak dapat turut andil dalam mendukung komitmen ini. 

Sejak tujuh tahun yang lalu, Yayasan Get Plastic Indonesia ikut berperan membangun tata kelola sampah yang menjadi akar permasalahan sampah plastik. Get Plastic bergerak dengan menginovasi mesin pirolisis untuk mengubah sampah plastik menjadi BBM. 

Kemudian hingga tahun 2022 Get Plastic telah mendampingi 28 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia agar dapat mengolah sampah plastik dari sumbernya. 

"Kurangnya kepedulian masyarakat mengenai isu lingkungan merupakan salah satu masalah besar bagi Indonesia. Kami mengemas kampanye dengan pendekatan khusus untuk menarik perhatian masyarakat dan membuktikannya melalui Get The Fest 2022 bahwa pengelolaan dan pengolahan sampah plastik secara tepat dapat menghasilkan nilai seperti energi alternatif untuk transportasi bahkan konser musik,” kata salah satu founder Get Plastic,  Dimas Bagus Wijanarko.

Program Get The Fest akan ditargetkan mengolah 2 ton sampah plastik menjadi bahan bakar minyak sebagai sumber energi bagi kebutuhan transportasi dan kelistrikan selama rangkaian tur dan festival musik. 

Puncak acara berupa festival musik akan dilaksanakan di Museum Njana Tilem, Bali pada tanggal 16 Oktober 2022 diorganisir oleh Antida Musik Indonesia. 

Rangkaian tur dan konser musik yang disponsori oleh PT Pertamina (Persero) ini akan dimulai pada tanggal 9 Oktober 2022 di Bogor dengan seremoni berupa aktivitas test drive menggunakan bahan bakar hasil olahan sampah plastik. 

“Kami akan mengundang Bapak Presiden RI, Joko Widodo, dan Bapak Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, serta beberapa tokoh pemerintahan lainnya pada acara pembukaan Get The Fest 2022 untuk turut merasakan manfaat dari pengolahan sampah plastik low-value ini,” kata Dimas Bagus. 

Selanjutnya pada titik transit tur di Kota Madiun akan dilakukan aktivitas clean-up serta pengolahan sampah plastik untuk mendukung kebutuhan energi bagi konser musik yang akan menjadi puncak dari rangkaian acara ini.

“Kami berharap Get The Fest 2022 dapat menjadi prestasi bagi Indonesia, sebuah harapan besar dari Get Plastic untuk memperlihatkan best practises dalam merespon permasalahan sampah plastik di Indonesia,” kata Dimas Bagus. 

Gerakan ini diharapkan juga dapat meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat serta menjadi solusi atas produksi sampah plastik yang terus meningkat diiringi dengan sumber energi fosil yang kian menipis, di sisi lain gebrakan ini juga menjadi jawaban untuk mencapai target SDGs 2030.


“Melalui pendekatan less plastic, more energy kami ingin mengajak masyarakat untuk bijak dalam berplastik. Respon masyarakat pun positif, bahkan Erick Thohir sempat berkunjung ke pra-acara Get The Fest 2022 yang kami adakan di Depok pada tanggal 5 Juni 2022,” terang Dimas Bagus. 

Untuk menarik partisipasi masyarakat pada acara ini, Get Plastic menempatkan drop-box donasi sampah plastik di daerah Denpasar-Ubud, Bali agar donasi tersebut dapat diolah menjadi sumber energi bagi perhelatan Get The Fest 2022. 

Kegiatan pra-acara berupa aktivasi karaoke juga dilakukan untuk mensukseskan acara ini. Mesin karaoke yang dimodifikasi dengan bentuk tempat sampah dan dinyalakan dengan sumber energi dari sampah plastik  ini sukses menarik perhatian masyarakat pada acara yang diadakan di Pasar Santa, 18 Juni 2022 lalu. 

Dukungan dari beberapa  musisi juga dinilai sangat membantu mensukseskan acara ini,diantaranya Oppie Andaresta, Nugie, Denny Frust, Cozy Republic, dan Ipank Hore-Hore yang sangat mendukung gerakan ini. 

“Tentunya kami juga sangat berharap mendapat dukungan dari masyarakat agar gerakan ini dapat terdengar hingga ke mancanegara dan dapat menjadi prestasi bagi masyarakat Indonesia,” tandas Dimas Bagus. 

Informasi mengenai gerakan ini juga dapat dilihat melalui akun @getplastic_id dan @getthefest pada media sosial Instagram.

Komentar